Infrastruktur Jalan dan 1300 Petugas Disiagakan Selama Arus Balik Lebaran

Infrastruktur jalan dan 1300 petugas disiagakan selama arus balik Lebaran 2024 - Astra Infra
Infrastruktur jalan dan 1300 petugas disiagakan selama arus balik Lebaran 2024 - Astra Infra

Autogear.id - Menyambut kembalinya masyarakat selepas mudik Lebaran 2024, Astra Infra telah mempersiapkan infrastruktur jalan, penyiagaan lebih dari 1300 petugas yang dilengkapi armada patroli, derek, rescue, hingga ambulance.

Serta kesiapan sarana prasarana di rest area, dan pengaturan rekayasa lalu lintas. Juga melakukan koordinasi intensif dengan pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korlantas Polri.

Beberapa evaluasi yang terjadi sepanjang arus mudik, menjadi rencana peningkatan layanan pada periode arus balik. Untuk mencegah terjadinya kepadatan, sebelumnya pemudik telah diimbau menghindari tanggal yang diprediksi Korlantas Polri sebagai puncak arus balik, yaitu pada 14 - 15 April 2024.

Dalam melakukan distribusi arus lalu lintas, Astra Infra juga menerapkan diskon tarif tol sebesar 20%, selama arus balik Lebaran. Berlaku pada Rabu, 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB (2 x 24 jam).

Diskon berlaku bagi seluruh golongan kendaraan, yang melintasi Tol Tangerang - Merak, Cikopo - Palimanan, dan Jombang - Mojokerto secara menerus (gate to gate), dan untuk transaksi tol menggunakan kartu uang elektronik dengan saldo cukup.

Waspadai Jalur Contra Flow

Bersama kepolisian, diterapkan pula rekayasa lalu lintas one way di ruas tol Cipali pada Jumat, 12 April 2024 pukul 08.00 s.d 24.00 WIB, Sabtu, 13 April 2024 pukul 08.00 s.d. 24.00 WIB, dan Minggu 14 April 2024 pukul 14.00 s.d Selasa 16 April 2024 pukul 08.00 WIB. Penerapannya bersifat situasional sesuai diskresi kepolisian.

Ketika menggunakan jalur contra flow / one way, pengguna jalan tol diimbau untuk tetap memperhatikan batas kecepatan di jalan tol luar kota yakni 100 km/jam. Lalu menjaga batas jarak aman dengan kendaraan lainnya, serta menepi di sisi paling kiri jalan, lalu menghubungi petugas jika terdapat kendala dalam perjalanan.

“Pengguna jalan tol diimbau selalu mengutamakan keselamatan, dengan menjaga batas kecepatan kendaraan. Serta beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut,” ungkap Ketua Gugus Tugas Lebaran Astra Infra Group, Rinaldi dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, pengguna jalan diimbau menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika rest area penuh, dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol. Untuk kemudian kembali masuk, tanpa dikenakan biaya tambahan.

Hal tersebut dilakukan untuk mendukung dan menciptakan perjalanan yang menyenangkan, aman serta nyaman bagi para pengguna jalan tol. Baik itu dalam perjalanan bersilaturahmi maupun berlibur bersama keluarga.


(uda)