Tips Berkendara Aman dan Nyaman

Begini Cara Membangunkan Motor yang Terjatuh

Tips membangunkan motor yang jatuh agar lebih mudah dan tak memberatkan. DAM
Tips membangunkan motor yang jatuh agar lebih mudah dan tak memberatkan. DAM

Autogear.id – Ketika berkendara motor, pengendara haruslah senantiasa waspada terhadap potensi bahaya yang kemungkinan dapat terjadi. Kecelakaan hingga menyebabkan motor terjatuh ketika sedang berkendara di jalan raya, tentunya merupakan suatu hal yang sangat tidak diinginkan. Begitupula motor terjatuh ketika sedang diparkir.

Promotion Department Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Demmy Firmansyah mengatakan, setiap motor memiliki beban berat yang berbeda-beda. “Motor yang lebih besar atau motor gede (moge) tentunya memiliki bobot yang jauh lebih berat dari motor lainnya. Nah, dalam keadaan terjatuh, kita tidak boleh mengangkat motor dengan menggunakan cara yang salah, karena bisa berakibat fatal bagi tubuh kita,” urai Demmy menerangkan, Jumat (29/7/2022).

Ia menyampaikan, hal pertama yang paling mudah untuk mendirikan motor yang terjatuh adalah dengan meminta bantuan kepada orang sekitar. Sehingga akan mempermudah kita dalam mendirikan motor tersebut.

Namun apabila dalam keadaan terdesak, dan tidak ada siapa-siapa di sekitar kita. Maka kita harus mendirikan motor yang jatuh menggunakan tubuh kita sendiri. Bagaimana caranya? Pertama-tama adalah memperhatikan, apabila motor terjatuh ke sebelah kiri, maka yang harus dilakukan di awal adalah mengecek roda belakang, apakah sudah terkunci atau belum.

Baca Juga:
ABC Lithium Baterai Motor Listrik Garapan Bareng Swap Energi?

Jika roda belakang belum terkunci, kita bisa menarik atau menginjak tuas gigi untuk di masukan ke gigi 1. Sehingga roda akan terkunci. Tahap kedua adalah mengangkat motor menggunakan bagian bokong atas, yang di sandarkan pada jok motor.

Kemudian tangan kanan memegang stang dan tangan kiri memegang behel motor atau body motor bagian belakang dengan lurus. Lalu yang bertugas mendorong motor untuk berdiri adalah kaki. Setelah motor berdiri, segera turunkan standar samping motor.

Lantas jika motor terjatuh ke sebelah kanan, maka pertama-tama si pengguna motor tersebut harus menurunkan standar samping. Dan untuk tahap selanjutnya pengendara dapat melakukan teknik yang sama ketika motor terjatuh ke sebelah kiri.

Pada dasarnya, otot yang bekerja penuh ketika membangunkan motor adalah kaki. Kita harus memastikan bahwa punggung kita dalam keadaan lurus. Karena apabila berada dalam posisi yang salah, berisiko dapat membuat punggung kita sakit atau bahkan bisa berakibat fatal untuk tubuh kita. “Paling penting juga yang harus diperhatikan ketika motor terjatuh adalah, si pemilik motor tetap tenang dan jangan panik,” ucap Demmy.


(uda)