Ulas Mobil

Bingung Pilih Varian Alvez? Pahami Apa Saja Perbedaannya!

Bukan hanya soal harga, pahami juga apa kebutuhan Anda terhadap SUV kompak sebelum memilih varian Alvez. WM
Bukan hanya soal harga, pahami juga apa kebutuhan Anda terhadap SUV kompak sebelum memilih varian Alvez. WM

Autogear.id - Terkadang orang-orang Indonesia membeli produk kendaraan yang punya fitur paling lengkap meski fitur tersebut belum dipahami fungsi dan kegunaannya. Namun saat ini, banyak orang yang mulai paham kebutuhan dalam membeli kendaraan, termasuk saat ingin meminang Alvez yang merupakan jagoan baru Wuling Motors untuk pasar Indonesia.

Bagi Anda yang ingin meminang mobil ini, tentu juga bukan pilihan mudah, lantaran terdapat 3 varian yang benar-benar berbeda secara fitur dan juga teknologinya. Apalagi dari sisi harga juga bisa dibilang punya selisih yang lumayan besar. Lalu apa saja yang patut Anda pertimbangkan saat ingin membawa pulang mobil SUV kompak yang satu ini?

Pahami Fitur yang Diinginkan
Hampir semua pabrikan mobil di Indonesia yang saat ini memproduksi mobil-mobil terbaru di segmen kompak SUV, terbilang royal dalam memberikan fitur. Bahkan bisa dibilang fitur yang tersemat cukup melimpah. Seperti yang ditawarkan oleh Wuling di Alvez. Mulai dari harga yang bermain di harga Rp200 jutaan, lalu fitur melimpah seperti perintah suara berbasis bahasa Indonesia atau yang mereka sebut Wuling Indonesia Command (WIND), hingga tampilan menarik.

Punya Sistem Interkoneksi 
Di sisi interkoneksi dengan kendaraan, ini jadi salah poin penting yang sekarang jadi pertimbangan banyak orang untuk membeli kendaraan berjenis SUV kompak. Mengingat sistem interkoneksi ini membuat mobil lebih personal, sekaligus membuatnya lebih aman karena beberapa fitur utama bisa terkoneksi langsung dengan smartphone sang empunya mobil.

Baca Juga:
Industri Sepeda Motor Pesat, IMOS Kini Berlangsung Tahunan

Bantuan Semi Otonom di Mobil 
Bukan rahasia lagi jika pengemudi 'jaman now' sangat konsen dengan segala hal yang berbau teknologi di kendaraan. Termasuk bantuan untuk berkendara lebih baik di jalan raya. Munculnya fitur-fitur kendaraan semi otonom seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) jadi satu hal yang kini jadi pertimbangan orang-orang untuk membeli kendaraan.

Product Planning Wuling Motors, Mahesa Ryan Pamuji pernah menjelaskan bahwa teknologi ini diciptakan khusus untuk membuat pengemudi lebih aman dalam berkendara di jalan raya. "Dengan ragam bantuan teknologi canggih, mobil ini bisa mendeteksi ragam kondisi yang bisa membuat berkendara di jalan raya lebih aman. Lantaran mampu mendeteksi, memperingatkan, bereaksi terhadap risiko bahaya serta mengurangi beban kerja pengemudi.”

Lalu apa saja hal yang patut diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari tiga varian yang ada (SE, CE dan EX)? Simak ulasan berikut satu per satu.

Alvez SE
Bagi Anda yang ingin punya SUV kompak dengan mengutamakan sistem transmisi manual dan tak begitu suka dengan bantuan teknologi canggih, bisa memilih varian ini. Mesinnya tetap sama namun sistem transmisinya saja yang berbeda. Sementara untuk fitur-fitur seperti ADAS dan IoV (internet of Vehicle) tak disematkan di varian ini, namun fitur keselamatan yang baik sudah hadir di varian ini seperti ABS, EBD, ESS, dual airbags, Immobilizer, anti-theft alarm dan ISOFIX serta Seatbelt reminder untuk pengemudi. Lampu utama masih menggunakan halogen dan teknologi pemanja telinga hanya disematkan versi standard dengan 2-speakers. Varian ini berbanderol Rp209 juta.

Baca Juga:
IMOS Dibikin Tahunan, Buntut dari Antusias Besar Peserta dan Pengunjung

Alvez CE
Varian ini sudah dilengkapi dengan sistem transmisi CVT atau transmisi matic dengan beberapa fitur yang lebih baik. Di antaranya layar dashboard sudah TFT 3,5 inci, lalu headunit dibekali dengan 10,25 inci yang tersalurkan ke 4 buah speaker. Sayangnya, fitur IoV dan WIND belum terdapat di varian ini dan lampu utamanya pun masih menggunakan halogen. Varian ini diberi harga Rp255 juta.

Alvez EX
Varian tertinggi dengan banderol yang masih berada di bawah Rp300 juta ini, tentu akan jadi favorit. Lantaran semua fitur canggih WIND dan IoV sudah tersemat di sana. Panel dashboard cukup besar yaitu 7 inci TFT full color, Smartphone mirroring, online music, online navigation, online messaging, bisa dikontrol melalui aplikasi, hingga lampu utama full digital, jadi bagian yang tak terpisahkan. Varian EX dibanderol dengan Rp295 juta. Semua harga di atas adalah harga yang berlaku untuk wilayah Jakarta.

Meski perbedaan besar terlihat di fitur-fitur pendukung tadi, namun semua varian Alvez ini menggendong mesin yang sama yaitu naturally aspirated inline-4 cylinder, DVVT, DOHC dengan tenaga 105 daya kuda dengan torsi 143 Newton meter. Mesin ini pun sudah memenuhi standardisasi Euro4 yang membuatnya lebih ramah lingkungan. Gimana?


(uda)