Komunitas Otomotif

Dina Zildea, Srikandi Indonesia Umroh Naik Motor Sejauh 4962 Km

Dina Zildea jajal naik motor untuk menunaikan ibadah umroh ke Makkah. DZ
Dina Zildea jajal naik motor untuk menunaikan ibadah umroh ke Makkah. DZ

Autogear.id – Banyak cara dalam mewujudkan cita-cita, tergantung bagaimana upaya dan kesungguhan kita dalam merealisasikannya. Seperti yang dilakukan pengendara motor perempuan, Dina Zildea.

Sosok ini melakoni single touring menuju Mekah, Arab Saudi, menempuh rute sejauh 4962 Km, yang menjadi salah satu cita-cita terbesarnya. Sejak 25 April hingga target 17 Mei 2022, female rider ini menjalani misinya ‘Middle East Holy Touring Road To Makkah’, dengan tujuan akhir melaksanakan ibadah Umroh.

Banyak pengalaman yang ingin dibagikan Dina Zildea yang akrab disapa Dea. Mulai dari kemacetan lalu lintas di Teheran, Iran, layaknya suasana di kota-kota besar di Indonesia. Pemandangan memukau, dengan pengguna jalan nan tertib di Dubai, hingga ragam cerita dari sejumlah kota lain yang dilintasinya. Semua dapat diintip lebih jauh di instagramnya, @dzildea.

“Rute touring saya mulai dari Iran menuju Dubai, Qatar, Riyadh, Makkah, Jeddah dan Madinah.  Perinciannya, Teheran ke Dubai 2357 Km. Dubai ke Qatar 651 Km, lalu Qatar ke Riyadh 581 Km. Selanjutnya Riyadh ke Makkah 868 Km, Makkah ke Jeddah 90 Km dan Jeddah ke Madinah 415 km," tutur perempuan berhijab ini.

Baca Juga:
Cetak Kemenangan Pertama di F1 Miami, Verstappen Pecundangi Ferrari

Istri dari Feri, salah seorang gitaris grup musik Bagindas ini mengatakan, dirinya mengendarai Yamaha MT09 berkubikasi mesin 900cc ketika melintas di Dubai yang memiliki suhu 39 derajat celcius.

"Panas terik, jarak pom bensin dengan rest area relatif jauh. Ketika haus, saya dibantu pengendara lain untuk memperoleh air minum. Kembali ke jalan raya, harus menghadapi terpaan angin kencang. Hanya terlihat bus dan truk yang melintas di jalan. Baru sadar, bikers di sana bilang, saya adalah female rider Indonesia pertama yang mengendarai motor ke Timur Tengah," urainya.

Dea, pemilik moto hujan adalah kawan, panas adalah teman ini sempat bertemu rekan sesama female rider dalam perjalanannya. Dia adalah Behnaz Shafiei, female rider yang juga merupakan aktris serta pebalap Olimpiade asal Iran.

Walaupun sempat mengendarai Yamaha MT09, namun dikatakan wanita yang mengaku gemar naik moge sejak 2011 ini, selama touring ia selalu menggunakan motor sewaan. Alhasil, kuda besi yang ia tunggangi selama mewujudkan cita-citanya tersebut, selalu berganti-ganti. Ia pun sempat menggunakan motor Triumph, Suzuki, KeeyWay dan BMW.

Baca Juga:
Ducati Umumkan Agen Pemegang Merek Baru di Indonesia

Apa yang dilakukannya, diakui Dea sulit terwujud tanpa dukungan pihak lain. Lantas, dirinya pun mengucapkan banyak terima kasih kepada CTX Oil Indonesia, Albayt Wisata, Triumph Jakarta, DnF Apparel, Krock Cafe, Cinta Rasa Resto serta Gasx. “Terima kasih dan doakan agar touring ini berjalan lancar tanpa kendala apapun,” pungkas Dea dalam rilisnya, Jumat (6/5/2022).


(uda)