GIIAS 2023

Menatap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lewat Kacamata Astra Financial

Astra Financial melihat peluang besar di GIIAS 2023. AG-Alun
Astra Financial melihat peluang besar di GIIAS 2023. AG-Alun

Autogear.id – Jarum indikator pertumbuhan ekonomi di tanah air semakin menunjukkan pergerakan naik. Ditopang lagi oleh beragam pihak, yang berupaya untuk terus mewujudkan hal tersebut. Seperti halnya Astra Financial, yang berusaha terus membawa semangat optimisme, sebagai mitra keuangan bagi masyarakat Indonesia. 

Sejak 2019, perusahaan multi finansial ini telah menetapkan dan menjalankan “Digital Transformation Framework”, yang menjadi acuan dalam melakukan transformasi digital dalam bisnis. Perkembangan usaha kemudian disampaikan oleh grup perusahaan dengan ragam kolaborasi bisnis layanan di dalam tubuhnya ini. Seperti dipaparkan pada kegiatan Astra Financial Talk di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Dimana untuk kali ketiga dihadirkan di GIIAS 2023. 

Misalnya saja pertumbuhan usaha yang diraih Seva, dikatakan CEO Seva Handoko Liem, sejak didirikan pada Maret 2022 hingga Juni 2023, perusahaannya telah mencatatkan lebih dari 15.000 Berita Serah Terima kendaraan (BSTK), dengan nilai transaksi sebesar Rp6,7 triliun. 

“Kami juga meraih pencapaian prima di GIIAS, dengan berhasil melakukan lebih dari 1.000 instant approval selama 6 hari GIIAS berlangsung, yaitu pada tanggal 10-15 Agustus 2023. Pencapaian tersebut sebesar 191 persen dari target awal. Tentunya akan terus meningkat hingga akhir gelaran GIIAS 2023,” ungkap Handoko.

Baca Juga:
Gempita Indonesia Merdeka dan Gaung Merah Putih Semarakkan GIIAS 2023

Diketahui layanan bisnis digital Seva dilengkapi fitur canggih, yaitu Instant Approval. Untuk membantu konsumen membeli mobil baru, sesuai kemampuan finansial dengan lebih mudah dan jelas. Serta didukung tingkat keamanan transaksi yang terjamin dan terpercaya. Begitu pula dengan AstraPay, sejak diluncurkan hingga semester I tahun ini, telah mencatatkan lebih dari 10 juta pengguna. 

Dengan pertumbuhan mencapai 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. Sementara untuk Gross Transaction Value (GTV) selama periode yang sama telah mencapai Rp51,8 triliun. Bahkan, hingga Juli 2023, nilai GTV telah menembus Rp55,4 triliun dengan jumlah merchant lebih dari 19,3 ribu tersebar di seluruh Indonesia.

“Selama 6 hari penyelenggaraan GIIAS 2023, AstraPay telah membukukan sebanyak lebih dari 8,8 ribu transaksi atau setara dengan 59 persen dari total target selama GIIAS 2023. Seiring GIIAS berjalan hingga 20 Agustus 2023, diperkirakan angka tersebut akan terus bertambah,” ujar Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana.

Bergeser ke layanan digital Maucash, Chief Marketing Officer (CMO) Maucash, Indra Suryawan menyampaikan, sejak diluncurkan hingga Juni 2023, Maucash mencatatkan lebih dari 18,7 juta download dengan lebih dari 7,2 juta registrasi pengguna. Adapun jumlah pengajuan limit telah melebihi 4,4 juta aplikasi, dengan amount finance senilai lebih dari Rp4,5 triliun. 

Baca Juga:
Biar Tak Gagal Paham, Ini Beda Tiga Varian Wuling Air ev

Sedangkan pada GIIAS hari ke-6, Maucash berhasil mencatatkan nilai disburse cash loan sebesar Rp1,9 miliar, atau sebesar 101 persen dari target yang telah ditetapkan untuk 6 hari pertama penyelenggaraan GIIAS 2023. “Pastinya terus bertambah seiring waktu hingga akhir GIIAS 2023,” tukas Indra. 

Maucash menawarkan program khusus untuk GIIAS 2023, yaitu pengajuan limit hingga Rp20 juta yang dapat dicairkan dalam 66 menit. Seluruh pengunjung yang baru pertama kali mencairkan pinjaman Maucash selama GIIAS 2023 berlangsung akan mendapatkan 1 dari 660 hadiah langsung dengan nilai total ratusan juta rupiah, mulai dari logam mulia, voucher belanja, dan saldo AstraPay. 

Selain itu, di penghujung acara, 3 pelanggan yang beruntung akan memenangkan hadiah utama jalan-jalan ke Bangkok, Thailand atau pengalaman menginap di hotel bintang 5 di Jakarta. Sementara dengan layanan bisnis Moxa, sejak diluncurkan hingga Juni 2023, telah diunduh sebanyak 18,1 juta pengguna dan menghasilkan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar Rp2,9 triliun, dengan Monthly Active Users (MAU) sebanyak 817 ribu user. 

Layanan digital ini memiliki lebih dari 30 produk dan akan semakin banyak lagi pengembangan produk yang ditawarkan. Bicara GIIAS 2023, pameran ini juga menjadi momentum untuk mencatatkan kinerja positif perusahaan tersebut, dengan berhasil memperoleh 840 register akun baru. “Pencapaiannya sebesar lebih dari 93 persen dari target yang telah ditetapkan sepanjang GIIAS 2023,” kata CEO Moxa Lim Lizal.  

Baca Juga:
Ratusan Pelajar Makin Pintar, Lewat Edukasi Teknologi Mutakhir Otomotif di GIIAS 2023

Moxa menawarkan 3 promo selama GIIAS 2023, yaitu mulai dari pembelian kendaraan roda dua melalui FIFGroup. Lalu untuk pembelian asuransi kecelakaan mikro, dan potongan harga untuk pembelian pulsa, layanan pascabayar, tagihan listrik, token listrik, tagihan air PDAM, hingga tagihan internet & TV kabel.


(uda)