Hino Berharap 3 Model Kendaraan TKDN nya Dapat Dibelanjakan APBN atau APBD

Hino berharap 3 model kendaraan TKDN nya dapat dibelanjakan APBN atau APBD - HMSI
Hino berharap 3 model kendaraan TKDN nya dapat dibelanjakan APBN atau APBD - HMSI

Autogear.id - Sebagai agen pemegang merek (APM) pertama dan satu - satunya di Indonesia yang sudah mengantongi Sertifikat Resmi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian, baru-baru ini Hino kembali mendapat tambahan sertifikat TKDN untuk 3 (tiga) model kendaraannya.

Ketiga model tersebut adalah Hino 500 – FM 280 JW dengan nilai TKDN + BMP sebesar 47,2 persen, Hino 300 – 115 HD dengan nilai TKDN + BMP 55,25 persen dan Hino 300 – 136 HDL dengan nilai 57,26 persen. Sehingga total kendaraan Hino yang telah mendapatkan Sertifikat TKDN sebanyak 13 model kendaraan, baik itu Hino 300, Hino 500 dan Hino Bus.

Proses sertifikasi dilakukan secara resmi oleh PT Surveyor Indonesia, dengan melalui tahapan penilaian yang sangat ketat. Lewat verifikasi lapangan dan dokumen, penyusunan laporan, dan telah melalui panel hasil verifikasi Kementerian Perindustrian Indonesia yang lulus untuk penerbitan tanda sah sertifikat TKDN.

COO – Director PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Santiko Wardoyo dalam sebuah kesempatan mengatakan, mereka berharap kendaraan Hino yang memiliki TKDN dapat dibelanjakan APBN atau APBD. Karena ini produk dalam negeri, dan bukan barang impor.

“Tidak hanya kendaraan, Hino menjadi yang pertama memiliki layanan servis purna jual yang tayang di e-katalog LKPP. Hal ini semakin memperlengkap kontribusi Hino, yang dibuat di Indonesia, oleh orang Indonesia, untuk kemajuan Indonesia. Jadi, Hino untuk Indonesia”, terang Santiko.

Program Kartu Prakerja Batch 3

Hino membuka kembali program kartu prakerja yang memasuki batch ke 3. Setelah sukses melaksanakan 2 batch di tahun 2023, Hino Indonesia Academy, lembaga pelatihan kerja yang berfokus pada bidang transportasi, kembali menggelar pelatihan batch 3 di bulan April - Mei 2024. Untuk Pelatihan Mengemudi Kendaraan Besar di Program Pelatihan Ekosistem Prakerja.

Hino Indonesia Academy telah aktif berpartisipasi dalam mendukung Program Ekosistem Prakerja yang dicanangkan oleh pemerintah, melalui Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian yang ditetapkan oleh SK Nomor 43 Tahun 2023 Tentang Penetapan Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja. Hino Indonesia Academy menyelenggarakan pelatihan mengemudi truk dan bus. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor transportasi serta berperan dalam mengentaskan pengangguran dan mewujudkan transportasi yang lebih aman di Indonesia.

“Kami bertekad untuk terus menyediakan layanan pelatihan, konsultasi dan sertifikasi SDM untuk membentuk sumber daya yang dapat diandalkan dan terpercaya bagi mendukung industri transportasi di Indonesia, untuk itu bagi yang berminat mengikuti pelatihan Hino Indonesia Academy batch selanjutnya dalam program Kartu Prakerja, dapat mendaftar segera melalui Tokopedia, klik Kartu Prakerja, pilih kategori otomotif, Hino Indonesia Academy”, tutup Santiko.


(uda)