Kartini Masa Kini, Ketika Nyetir Tolong Jangan Sambil Dandan dan Pakai High Heels!

Kartini masa kini, ketika mengemudi tolong jangan sambil make up atau dandan dan pakai high heels - IG HMID
Kartini masa kini, ketika mengemudi tolong jangan sambil make up atau dandan dan pakai high heels - IG HMID

Autogear.id – Belakangan ini banyak perempuan yang memilih untuk mengemudi mobil sendiri dengan beragam alasan. Oleh karena itu, para perempuan Indonesia, sebagai “Kartini” masa kini juga perlu memahami cara berkendara yang baik, untuk meningkatkan keamanan dan menghindari terjadinya kecelakaan. Ada beberapa hal yang perlu dipahami, yaitu :

1. Tingkatkan Kemampuan Mengemudi

Hendaknya selalu mengasah kemampuan berkendara seperti kemampuan parkir, pengereman, perhatikan spion, atau darurat di kecepatan tinggi. Ketika menggunakan jalan, pengemudi pria maupun wanita memiliki tanggung jawab yang sama, wajib memiliki kemampuan mengemudi yang memadai.

2. Perhatikan Kondisi Kendaraan

Sebelum berkendara, pastikan mobil tidak memiliki kendala teknis, seperti tekanan angin ban, oli mesin, dan komponen lainnya. Perhatikan apakah ada suara aneh pada mesin, dan semua lampu indikator saat mesin menyala.

Pengemudi hendaknya pelajari buku manual kendaraan, berisi banyak informasi seputar fitur mobil. Jika terjadi masalah, pengemudi wanita hendaknya bisa merespon secara mandiri, sehingga tidak panik atau kerepotan.

3. Kelengkapan Surat-Surat Kendaraan

Selalu pastikan kelengkapan surat-surat berkendara seperti SIM atau STNK, dan yakin masih dalam keadaan aktif. Jangan sampai kena tilang polisi. Bila surat-surat kendaraan sudah tidak berlaku, bisa menyulitkan klaim asuransi jika terjadi kecelakaan.

4. Terapkan Safety Driving

Selalu gunakan sabuk pengaman, untuk rute jauh maupun dekat. Harus mampu mengontrol emosi, untuk menghindari kesalahan manuver saat mengemudi. Jangan terpancing, ketika ada yang memotong jalan, atau mudah panik ketika terjadi masalah. Hindari penggunaan ponsel, atau melakukan make up wajah (dandan) ketika sedang mengemudi. Serta patuhi rambu lalu lintas.  

5. Jangan Pakai High Heels

Lekukan bentuk high heels dapat membatasi pergerakan kaki, membuat feeling mengemudi berkurang. High heels juga rawan bikin kecelakaan, karena tingkatkan risiko kaki tergelincir saat injak pedal. Sebaiknya gunakan sepatu beralas datar, untuk kenyamanan berkendara.

Dalam menjaga mobil tetap aman dan prima, Hyundai Gowa hadir untuk para perempuan Indonesia. Dapat menghubungi layanan servis bengkel Hyundai Gowa terdekat. Service Advisor akan senantiasa menjelaskan, agar pelanggan lebih memahami kondisi kendaraannya.

“Kami harap para Kartini masa kini juga punya kesetaraan dalam pengetahuan seputar kendaraan. Tim kami siap mendampingi dan menjelaskan hal-hal yang ingin diketahui, agar semakin nyaman dan aman berkendara. Termasuk menjaga kondisi mobil selalu prima,” jelas Chief Operation Office Hyundai Gowa, Ferry. 


(uda)