Mobil Baru

Siap Dirakit Massal di Indonesia, Apakah Harga Omoda 5 Bakal Lebih Murah?

Chery bakal mulai dirakit secara lokal, strategi tepat untuk memenuhi permintaan pasar otomotif di Indonesia yang terlihat signifikan di 2023. AG-Uda
Chery bakal mulai dirakit secara lokal, strategi tepat untuk memenuhi permintaan pasar otomotif di Indonesia yang terlihat signifikan di 2023. AG-Uda

Autogear.id - Demam kendaraan di segmen SUV kompak di Indonesia, benar-benar membuat banyak pabrikan kendaraan ikut terjun dengan meluncurkan produk terbaiknya. Salah satunya PT Chery Sales Indonesia Indonesia (CSI), Agen Pemegang Merek (APM) Chery di Indonesia telah memulai persiapan produksi perakitan SUV Crossover Premium terbarunya, Omoda 5, di Indonesia.  Persiapan yang dilakukan adalah melakukan trial line production. 

Bertempat di pabrik rekanan PT CSI, trial line production yang dilakukan adalah dengan unit berwarna Two-tone White Howlite Black. Setelah dilakukan persiapan ini, maka SUV kompak mereka itu siap diproduksi massal.

“Kami saat ini sedang melakukan Trial Line Production. Tujuan Trial Line Production ini untuk melatih para pekerja pabrik dan kemudian mengkonfirmasi perangkat assembly (tool and jig) sebagai bentuk persiapan sebelum CSI memproduksi massal mobil ini di Indonesia,” ujar President PT Chery Sales Indonesia, Shawn Xu melalui siaran persnya. 

Shawn mengatakan, dari trial line production yang dilakukan, seluruhnya berjalan dengan normal. Artinya, setelah part tiba pada 16 Maret, dijadwalkan pada 20 Maret mendatang produksi mobil ini dapat dimulai. 

Baca Juga:
Mengenal 'Indra Keenam' Honda WR-V dan Cara Kerjanya

“Untuk persiapan yang kita lakukan ini termasuk pengiriman komponen sudah kita persiapkan jauh hari dan sesuai dengan jadwal. Dengan demikan, pada awal April kita siap melakukan ceremony serah terima Omoda 5 untuk 100 dari 300 unit yang dijadwalkan pada April, dan sisanya kita kirimkan. Kemudian untuk pengantaran unit lainnya, akan dilakukan sesuai antrean,” ujarnya. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa saat ini pengiriman part dan produksi dilakukan sesuai jadwal. “Kami sangat antusias untuk memulai produksi mobil ini di Indonesia dan menyediakan kendaraan yang inovatif, modern dan andal untuk konsumen Indonesia. Dengan memulai produksi pada Maret 2023, kami berkomitmen untuk melakukan pengiriman unit sesuai waktu yang kami janjikan kepada para konsumen," ujar Shawn. 

Konsumen yang telah melakukan pemesanan dalam beberapa waktu ini bakal menerima Omoda 5 pada April untuk 300 unit yang dipesan pada masa pre-booking. Produksi dan pengiriman selanjutnya akan disesuaikan dengan antrean sesuai tanggal pemesanan. Lalu apakah ada kemungkinan ada penyesuaian harga jika produksi dilakukan di dalam negeri? 

Dari keterangan yang mereka rilis, harga akan tetap mengacu pada penetapan yang dilakukan pada ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 di Jakarta Convention Centre, Senayan, Jakarta. Yaitu terdapat dua tipe Omoda 5 RZ berbanderol Rp399,8 juga dan Omoda 5 Z berbanderol Rp329,8 juta. Semua harga di atas adalah harga OTR Jakarta. 


(uda)