Tiga Korporasi Mitsubishi Berkolaborasi Membentuk Evnion, Seperti Apa?

Tiga korporasi Mitsubishi berkolaborasi membentuk Evnion, seperti apa? - foto ilustrasi (IG Mitsubishi)
Tiga korporasi Mitsubishi berkolaborasi membentuk Evnion, seperti apa? - foto ilustrasi (IG Mitsubishi)

Autogear.id - Mitsubishi Corporation (MC), Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) dan Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors), sepakat mendirikan perusahaan baru dengan nama Evnion Inc., atau Evnion, pada Juni 2024 mendatang.

Evnion merupakan perusahaan yang mengoperasikan platform online, untuk menyediakan layanan terpadu terkait kendaraan listrik (EV). Didirikan dengan tujuan untuk menyediakan informasi dan layanan relevan kepada lebih banyak pengguna.

Terutama saat ini ketika kendaraan listrik mendapatkan peningkatan perhatian dari pembeli kendaraan, yang mempertimbangkan kontribusinya terhadap masyarakat terdekarbonisasi.

Selanjutnya Evnion akan mengoperasikan platform Evnion Place, menawarkan layanan komprehensif terkait EV kepada pelanggan di Jepang, apa pun mereknya. Baik itu kendaraan komersial maupun mobil penumpang. Evnion Place ini rencananya akan diluncurkan Agustus 2024.

Layanan platform "Marketplace" ini berkisar dari pengisian peralatan untuk kendaraan listrik, kontrak pasokan listrik dan manajemen energi, hingga solusi pengisian daya untuk mendukung pengenalan dan pengoperasian kendaraan listrik. Tak ketinggalan layanan konsultasi untuk dekarbonisasi.

Selain itu, platform ini juga akan menyediakan berita terkait kendaraan listrik dan informasi berguna, saat memperkenalkan dan mengoperasikan kendaraan listrik. Pelanggan yang beralih dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik kiranya menghadapi berbagai perubahan, sekaligus memiliki banyak pertanyaan.

Nantinya platform ini, dengan integrasi seluruh informasi dan layanan yang diperlukan, akan membantu para pelanggan tadi dalam perjalanan mereka. Setelah peluncuran, platform ini akan memperluas konten secara bertahap, untuk berkomitmen terhadap target Jepang dalam mewujudkan netralitas karbon pada tahun 2050, dan DX (transformasi digital).

Terkait kolaborasi tiga korporasi Mitsubishi, lebih jauh dikatakan, Evnion ini dibentuk hasil kolaborasi dari MC yang berkantor pusat di Chiyoda Ward, Tokyo, dan dipimpin oleh President and CEO Katsuya Nakamisi.

Lalu MFTBC yang lokasi kantor pusatnya berada di Kawasaki City, Perfektur Kanagawa, dan dipimpin oleh President and CEO Karl Deppen. Sementara Mitsubishi Motors dengan kantor pusat di Minato Ward, Tokyo, dipimpin oleh President and CEO Takao Kato. Mengenai perizinan pendirian Evnion ini, pada prinsipnya akan tunduk pada izin peraturan dari otoritas terkait.


(uda)