Pameran Otomotif

Predikat Bergengsi GIIAS, Jadi Tuan Rumah Konferensi Otomotif Kelas Dunia

Pameran otomotif yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di Asia Tenggara ini juga mengusung konsep edutainment. SE
Pameran otomotif yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di Asia Tenggara ini juga mengusung konsep edutainment. SE

Autogear.id – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan segera berlangsung selama 10 hari, pada 10-20 Agustus 2023 di ICE BSD, Tangerang, kiranya bukan sekadar lokasi pameran dan transaksi otomotif, beserta komponen pendukungnya. Pameran otomotif yang digadang-gadang sebagai yang terbesar di Asia Tenggara ini juga mengusung konsep edutainment. 

Bahkan dengan mengantongi predikat bergengsi, sebagai pameran berskala internasional, ajang ini juga akan menjadi tempat untuk penyelenggaraan konferensi otomotif tingkat dunia. Tahun ini pameran yang akan melibatkan total 49 merek otomotif tersebut akan menjadi tempat penyelenggaraan the 17th Gaikindo International Automotive Conference (GIAC) yang diselenggarakan Selasa (15/8/2023). 

Konferensi the 17th GIAC akan mengangkat isu masa depan industri otomotif. Mengusung tema Towards Net Zero Emission Now, menyoroti perkembangan teknologi baterai, manufaktur, kebijakan pemerintah, serta tren ekonomi global. Gaikindo sendiri akan mengulas isu terkini industri otomotif di Indonesia, bersama para pakar nasional dan juga internasional.

”Suatu kebanggaan bagi kami selaku pelaksana, menggelar sebuah event otomotif internasional yang diperhitungkan. Bukan hanya lewat peluncuran kendaraan dan teknologi otomotif terkini, namun juga sebagai wadah dalam mengangkat isu terkini dari industri otomotif. Yakni melalui konferensi internasional GIAC,” tutur Project Director Seven Event, selaku pelaksana GIIAS, Sri Vista Limbong.

Ditambahkannya, di samping sebagai tempat penyelenggaraan konferensi internasional, pagelaran yang bakal diliput oleh ribuan jurnalis media ini juga menyelenggarakan beberapa seminar harian otomotif, yang akan dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali. Seminar pertama Rabu (16/8/2023), mengulas tema “Implementasi ASEAN MRA untuk Meningkatkan Ekspor Produk Otomotif ke Regional ASEAN”. 

Seminar kedua mengedepankan tema Pengembangan Pasar Domestik “Upaya Untuk Keluar dari Jebakan Volume 1 Juta Unit”. Sedangkan seminar ketiga dilaksanakan Jumat (18/8/2023), memboyong tema “Utilization of Renewable Energy Towards Net Zero Emission in 2060”.

Untuk bisa menikmati pameran GIIAS 2023, pengunjung perlu merogoh kocek, membeli tiket yang bisa didapat secara online melalui aplikasi Auto360. Mengenai harga, tiket weekdays (Senin-Jumat) dibanderol Rp50.000, dan weekends (Sabtu-Minggu) Rp100.000. Adapun khusus pada tanggal 17 Agustus 2023, tiket yang dijual secara online dipatok harga Rp78.000.

Agenda otomotif akbar ini juga menyediakan penjualan tiket masuk secara onsite, pada area pameran, dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp70.000, dan weekends (Sabtu-Minggu) serta tanggal 17 Agustus 2023 seharga Rp120.000.

Dikatakan total ada 49 merek kendaraan penumpang dan komersial yang turut dalam pameran. Antara lain Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, serta Wuling. 

Kemudian 5 merek dari kendaraan komersial yang hadir adalah Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Begitupula 15 merek dari kendaraan roda dua, lalu 3 merek Karoseri, dan lebih dari 100 merek industri pendukung otomotif.


(uda)