Pameran Otomotif GIIAS 2022

Lama Bersemedi, Minerva Muncul dengan Motor Listrik Electron M1

Minerva masuk ke segmen motor listrik, mulai percaya diri bisa berakselerasi di kendaraan tanpa emisi gas buang. AG - Alun
Minerva masuk ke segmen motor listrik, mulai percaya diri bisa berakselerasi di kendaraan tanpa emisi gas buang. AG - Alun

Autogear.id - Lama tak terdengar ujung rimbanya, merek roda dua Minerva yang beberapa tahun lampau sempat mewarnai pasar otomotif tanah air kini kembali muncul. Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD Tangerang, 11-21 Agustus 2022, Minerva turut memeriahkannya.

Tapi kali ini Minerva tidak hadir dengan motor konvensional. Melainkan memboyong motor listrik dengan desain yang cukup menarik dan kekinian. Minerva yang berada di bawah payung PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML), kali ini melakukan debutnya di GIIAS 2022 dengan memboyong produk bernama Minerva Electron. 

Tanda perkenalan, Minerva Electron menghadirkan model perdana yang dijuluki 'M1'. Pihak BML pun berani menawarkan harga yang cukup menggairahkan. Yaitu Rp 16,5 juta on the road Jakarta. Dikatakan Presiden Direktur PT BML, Kristianto Goenadi, Ini merupakan model pertama mereka untuk masuk di segmen entry level, market Rp 20 juta ke bawah.

"Nanti pun kami bakal menghadirkan untuk market yang Rp 20 juta ke atas dengan spesifikasi yang lebih tinggi," terang Kristianto di booth Minerva di GIIAS 2022, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga:
Jajal Kendaraan Listrik Yuk di GIIAS 2022!

Dikatakan, Minerva Electron M1 diproduksi secara lokal di pabrik perakitan di Gresik, Jawa Timur. Ketika diproduksi secara lokal, BML pun lantas mengklaim, kandungan lokal motor listrik ini mencapai 32 persen. "Kalau untuk tahap awal, produksi Minerva Electron M1 bisa sebanyak 200 unit per hari," kata Kristanto terkait produksi Electron M1 di Indonesia.

Untuk spesifikasinya, Minerva Electron M1 memiliki daya 1.500 watt, didukung baterai lithium-ion berkapasitas 64V 22,5 Ah. Serta mempunyai daya angkut hingga 150 kilogram. Melongok panel meternya, model ini sudah full digital dan menyuguhkan beragam informasi. Sebut saja menyangkut kapasitas baterai, jarak tempuh, dan lainnya. Sistem pengereman model tersebut juga menganut teknologi combi brake system (CBS).

Mengenai pilihan warna yang terdapat pada motor listrik ini, tersedia lima pilihan di antaranya Baby Blue, Tosca, Grey, Blue Silver, dan Red Silver. Hingga motor listrik ini diperkenalkan, teknologi baterainya menggunakan metode swap baterai. Berkolaborasi dengan Swap Energi Indonesia.

Dengan metode ini, pengguna motor listrik Minerva Electron M1 tidak perlu khawatir menunggu waktu lama dalam mengisi ulang daya baterai. Mensiasati teknologi swap baterai ini, Swap Energi Indonesia memiliki Swap Poin yang merupakan spot untuk penukaran baterai listrik. Sejauh ini dikatakan, Swap Poin sudah mencapai 412 titik yang tersebar di gerai-gerai minimarket modern, SPBU Shell dan BP serta jaringan Planet Ban.


(uda)