The31st GIIAS 2024 Bakal Jadi Perhelatan Otomotif Terbesar dan Terlengkap

The31st GIIAS 2024 Bakal Jadi Perhelatan Otomotif Terbesar dan Terlengkap - GIIAS
The31st GIIAS 2024 Bakal Jadi Perhelatan Otomotif Terbesar dan Terlengkap - GIIAS

Autogear.id – Dalam waktu dekat The 31st Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 akan digelar. Rencananya event ini akan menjadi perhelatan GIIAS terbesar, dan terlengkap. Bahkan ajang ini dipersiapkan hadir satu bulan lebih awal dibandingkan dengan GIIAS tahun lalu. Dimana GIIAS tahun ini diselenggarakan 18-28 Juli 2024, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kab. Tangerang.

Bukan tanpa alasan, gelaran tahun ini dibuat lebih besar. Karena pasar kendaraan bermotor di Indonesia masih sangat potensial. Karena itu kian banyak merek kendaraan bermotor yang berusaha membangun pasarnya di Indonesia.

”Indonesia merupakan salah satu pusat ekonomi besar di Asia Tenggara, dengan kaum muda mendominasi mayoritas dari 275 juta penduduknya, Indonesia menjadi pasar mobil yang sangat potensial dan dinamis, sehingga sangat menarik bagi para produsen kendaraan bermotor global,” ujar Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Lanjut Nangoi, ini dapat dilihat dari realisasi nilai investasi industri otomotif Indonesia yang terus meningkat dengan masuknya merek-merek kendaraan baru. Apalagi saat ini produsen mobil global khususnya dari China terus membidik pasar Indonesia.

"Mereka semangat berinvestasi guna membangun pabrik dan infrastrukturnya di Tanah Air. Bagi Gaikindo hal ini tentu menjadi hal yang sangat positif bagi perkembangan industri otomotif Indonesia,” jelas Nangoi.

Total 50 Merek Peserta

Terkait dengan banyaknya merek-merek kendaraan bermotor baru yang masuk pasar Indonesia, dan juga perkembangan teknologi otomotif yang kian masif, Gaikindo terus berusaha menaungi dan menjadi penghubung antara industri kendaraan bermotor Indonesia dengan Pemerintah, sehingga dapat berkontribusi maksimal untuk negara.

Dijelaskan, sejumlah merek baru siap tampil. Seluruh peserta akan memenuhi total 11 area hall ICE BSD-City. Dengan penambahan satu hall baru, seluas 12.000 meter persegi, termasuk total 50 merek peserta kendaraan penumpang, kendaraan komersial, sepeda motor, dan ratusan merek industri pendukung.

”Tahun ini akan menjadi penyelenggaraan GIIAS dengan area terbesar dan terlengkap. Antusiasme peserta yang ingin menjadi bagian dari pameran ini masih sangat tinggi. Kami masih terus berkoordinasi untuk mengakomodir kebutuhan para peserta," kata Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah.

Pada GIIAS tahun ini tercatat ada delapan merek baru mobil dan motor peserta. Namun kata Rizwan, masih dalam proses diskusi terkait kepesertaan, dengan beberapa merek lainnya. Sehingga angka peserta masih akan bertambah.

Partisipasi APM, Karoseri dan Industri Pendukung Otomotif

Merek-merek kendaraan yang berpartisipasi meliputi agen pemegang merek (APM) kendaraan penumpang, yakni; Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, dan GWM. Lalu ada Honda, Hyundai, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks. Selain itu, tiga merek Karoseri juga hadir, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Kemudian enam belas merek sepeda motor juga akan hadir, yaitu Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Moto Guzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi dan Vespa. Ratusan merek peserta dari industri pendukung lainnya juga telah memastikan kesiapannya, unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS tahun ini.


(uda)