Mobil Baru

Ferrari Purosangue, SUV 4 Pintu Versi Ferrari Lahir di Maranello

Ferrari Purosangue, tawarkan konsep baru sebuah supercar lansiran Maranello, Italia. Ferrari
Ferrari Purosangue, tawarkan konsep baru sebuah supercar lansiran Maranello, Italia. Ferrari

Autogear.id - Obsesi Ferrari untuk tampil sebagai pemain supercar dengan ragam inovasi terkini yang disesuaikan dengan keinginan pecinta mobil performa tinggi, tetap terlihat tinggi. Bukan hanya membuat mobil di segmen keluarga namun punya performa tinggi di kelasnya seperti Roma, namun juga mewakili mereka yang ingin mobil berkarakter SUV dengan kapasitas muat 4 orang dan dilengkapi dengan 4 pintu. 

Namun saat melihat desain yang ditawarkan Ferrari di Purosangue, sepertinya pakem desain pabrikan asal Italia itu lebih luas lagi. Gaya bukaan pintu yang bisa dibuka berlawanan arah yang mirip bukaan pintu ala Rolls-Royce pun terlihat sangat agresif. Bukan hanya dari sisi desainnya yang lebih bergaya SUV, namun juga karena akomodasi penumpang yang benar-benar dimanjakan di dalamnya.

Ini adalah mobil dengan 4 pintu pertama yang mereka desain dan mulai dipasarkan dalam 75 tahun mereka memproduksi mobil-mobil dengan performa tinggi. Selama ini Ferrari hanya memainkan model kendaraan dengan konfigurasi tempat duduk 2+2 yang berarti dua jok di depan untuk orang dewasa dan jok tambahan untuk 2 orang anak di bagian belakang lantaran dimensinya cukup kecil. Nah di Purosangue ini mereka menciptakan jok belakang yang benar-benar sesuai dengan tinggi orang dewasa.

Keunikan lain yang mereka ciptakan di mobil ini adalah model bukaan pintu yang model bukaannya berlawanan arah. Seperti bukaan pintu jendela rumah begitu juga cara buka pintu mobil ini. Ini memudahkan orang untuk keluar masuk, mengingat akses ke jok belakang sedikit terhalang oleh fender ban belakang jika bukaan pintunya ala mobil biasa pada umumnya.

Baca Juga:
Hore, Marquez Kembali ke Lintasan MotoGP Aragon Pekan Ini

Soal mesin mobil ini, Ferrari sepertinya punya maksud lain dengan menggunakan konfigurasi mid front engine. Mengingat mesin yang digunakan punya konfigurasi 12 silinder dengan sudut kemiringan kurva 65 derajat dengan besaran kapasitas mesin 6,500 cc. Mesin ini dipastikan oleh Ferrari sanggup memuntahkan tenaga sebesar 715 daya kuda pada 7.750 RPM, sementara torsinya menyentuh angka 716 Nm pada putaran mesin 6.250 RPM.

Dari keterangan yang dirilis Ferrari, kekuatan akselerasinya itu 80 persen bahkan sudah bisa tercapai pada putaran mesin 2.100 RPM. Artinya Anda tak perlu menekan tuas gas dengan dalam hanya untuk mendapatkan sensasi jambakan performa ala mobil balap. Apalagi mobil ini diklaim mampu mencapai 100 km per jam dari titik diam, hanya dalam waktu 3,3 detik saja.

Meski mesin yang mereka tawarkan di mobil ini diklaim pertama kalinya, namun beberapa konfigurasi komponennya dikatakan bukan hal baru. Lantaran pernah digunakan untuk mesin 812 Competizione. Sementara lain-lainnya mengalami perubahan yang besar, termasuk kinerja mekanis beberapa komponen di dalamnya. Tujuannya sudah pasti efisiensi yang lebih besar.

Hal lain yang membuat mobil ini terasa sempurna adalah semua bagian yang dibuat untuk sistem aerodinamikanya, sudah melalui proses komputasional CFD (computational fluid dynamics). Yaitu animasi komputer menggunakan model cairan yang bergerak di wind tunnel. Sehingga arah angin yang bergerak bisa terlihat dengan jelas. 

Baca Juga:
New Baleno dan S-Presso, jadi Andalan Suzuki di GIIAS Surabaya

Lantaran menjadi mobil yang diperuntukkan bagi yang paham akan pentingnya teknologi dan fitur keselamatan di kendaraan, tentu mobil ini punya ragam fitur keselamatan yang memang akan sangat berguna bagi pemakainya. Di antaranya suspensi aktif agar pengemudi tetap aman saat menikung di kecepatan tingi, ADAS, Adaptive Cruise Control, rem otomatis mendadak, lane departure warning, lane keeping assist, blind spot detection, dan masih banyak lagi lainnya.

Spesifikasi Ferrari Purosangue
Type: V12 – 65° – dry sump 
Overall displacement: 6496 cc
Bore and stroke: 94 mm x 78 mm
Max. power output: 725 cv at 7750 rpm
Max. torque: 716 Nm at 6250 rpm 
Max. revs: 8250 rpm
Compression ratio: 13.6:1 
Specific power output: 111 cv/l


(uda)