All-new Triton, Pickup Double Cabin Pertama yang Boyong Bintang Lima ANCAP

Mitsubishi All-new Triton, menjadi pickup double cabin pertama yang memboyong bintang lima ANCAP 2024 - MMKSI
Mitsubishi All-new Triton, menjadi pickup double cabin pertama yang memboyong bintang lima ANCAP 2024 - MMKSI

Autogear.id – All-new Triton, yang disejumlah negara dijual dengan nama L200, telah mendapatkan rating bintang lima dari ANCAP (Australasian New Car Assessment Program). Rating tersebut merupakan capaian tertinggi yang dapat diaplikasikan pada semua varian double-cab 2WD dan 4WD.

Truk pickup seberat 1 ton ini dikatakan Mitsubishi Motors telah dievaluasi ANCAP, terkait kinerja keselamatan kendaraan baru secara keseluruhan, di negara Australia dan Selandia Baru. Sehingga All-new Triton menjadi pickup double cabin pertama yang menerima peringkat tertinggi, dalam protokol 2023-2025 saat ini.

Pada Desember 2023 silam, model ini juga meraih peringkat keselamatan bintang lima dalam ASEAN NCAP (New Car Assessment Program). Merupakan penilaian kinerja keselamatan komprehensif, untuk kendaraan baru di kawasan Asia Tenggara.

Dua peringkat keselamatan tersebut, diakui Mitsubishi Motors sebagai wujud komitmen pada filosofi keselamatan mereka. Mencapai masyarakat mobilitas tanpa kecelakaan lalu lintas, melalui upaya berkelanjutan. Untuk mengembangkan teknologi keselamatan, dan menyebarkan pengetahuan tentang keselamatan lalu lintas.

Mengadopsi Bodi RISE

Dijelaskan, All-new Triton mengadopsi bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution), dengan tingkat kekakuan tinggi. Mampu menyerap energi, serta meminimalkan deformasi kabin jika terjadi tabrakan. Diperkuat sabuk pengaman dan delapan SRS airbag, tergantung pada tipe bodi dan level trim, yang dirancang untuk memberikan perlindungan tingkat tinggi bagi penumpang.

Untuk memastikan kinerja keselamatan preventif, fitur keselamatan seperti Active Stability Control (ASC), yang mencegah skidding dan Forward Collision Mitigation (FCM) dengan deteksi pengendara sepeda dan pejalan kaki, juga merupakan perlengkapan standar di semua model.

Mitsubishi All-new Triton bermula dari model Mitsubishi Forte, yang diluncurkan pada tahun 1978. Dalam 45 tahun sejak peluncuran itu, sekitar 5,7 juta unit telah diproduksi selama lima generasi. Kemudian telah dipasarkan di sekitar 150 negara di seluruh dunia. Menjadikannya salah satu kendaraan strategis global Mitsubishi Motors.

Dikembangkan di bawah konsep produk "Power for Adventure", kendaraan ini menampilkan perombakan menyeluruh mulai dari desain interior, eksterior, sasis, ladder frame, hingga mesin. All-new Triton pertama kali diluncurkan di Thailand pada Juli 2023, dimana merupakan tempat lokasi produksinya berada.

Sedangkan perkenalan berikutnya diikuti oleh Filipina pada bulan Januari, Jepang pada bulan Februari, serta Australia dan Selandia Baru pada bulan Maret 2024. Selanjutnya, All-new Triton akan melakukan debut secara berurutan, di sedikitnya 100 negara di seluruh dunia.


(uda)