Suzuki Ertiga Hybrid Cruise, Bawa Tampilan Baru dan Kapasitas Baterai Hybrid Lebih Besar

Suzuki Ertiga Hybrid Cruise, bawa tampilan eksterior baru dan kapasitas baterai hybrid lebih besar - AG
Suzuki Ertiga Hybrid Cruise, bawa tampilan eksterior baru dan kapasitas baterai hybrid lebih besar - AG

Autogear.id – Sesuai riset dan permintaan pasar otomotif di tanah air, Suzuki Indonesia menghadirkan penyegaran All New Ertiga Hybrid Cruise, yang diposisikan sebagai varian tertinggi dari model All New Ertiga Hybrid, yang telah lebih dahulu diluncurkan dua tahun lalu.

Model ini mendapat penyegaran pada desain tampilan, serta kapasitas lithium-ion battery pada sistem hybridnya. Yang diakui pihak Suzuki bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan serta rasa percaya diri penggunanya.

Terkait kapasitas baterai pada system hybridnya, semula hanya berkapasitas 6 Ah menjadi 10 Ah. Selain itu, sebagai produk yang tetap mengusung konsep kendaraan keluarga yang multi-purpose, kendaraan hybrid ini juga diperlengkapi dengan sejumlah ubahan pada sisi eksteriornya.

Lihat saja pada perwajahan, dapat ditemui penambahan Front Garnish Bumper dan Front Under Spoiler. Menambah aksen modern, dari lekuk goresannya. Melirik sisi samping bodi, terdapat pembaruan New Side Body Decal dan New Side Under Spoiler. Sedangkan pada belakang mobil, disematkan New Rear Upper Spoiler dan New Rear Garnish Design yang ergonomis.

Tingginya popularitas mobil MPV Indonesia milik Suzuki ini menjadi alasan perancangan desain komponen dilakukan di Indonesia, untuk dinikmati oleh pelanggan di Indonesia. Menyikapi hal tersebut, Dept. Head of Design-Engineering Administration & Homologation PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Mahardian Brata mengatakan, selama ini SIM selalu memberi masukan kepada prinsipal soal model.

“Kita meriset pasar, sesuai kebutuhan pelanggan Indonesia seperti apa. Kita di SIM melakukan koordinasi dengan engineering dan marketing seperti apa. Kita pun berdiskusi secara global, kemudian melakukan testing produk dimana ada yang dilakukan ke prinsipal, ada juga yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia,” tutur Mahardian di Media Room Suzuki, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (17/2/2024).

Mengenai improvisasi pada fitur-fiturnya, lanjut Mahardian, sementara ini masih penyegaran di ranah eksterior dan baterai. “Tidak menutup kemungkinan kita mengembangkan fitur-fitur di dalamnya. Karena kami di SIM juga melakukan training pengembangan fitur-fiturnya. Jadi nantinya pengembangan tidak hanya eksterior melainkan interiornya juga,” jelasnya.

All New Ertiga Hybrid Cruise dimotori mesin K15B, dan dilengkapi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) dengan kapasitas baterai Lithium-ion 10Ah. Untuk memberikan kinerja yang lebih optimal, sebagai mobil yang lebih rendah emisi dan efisien bahan bakar.

Mobil terbaru Suzuki ini menghadirkan variasi warna baru yaitu Cool Black dan pilihan two-tone colour baru yaitu Pearl Snow White + Cool Black. Serta memiliki pilihan transmisi manual (MT) dan automatic (AT).

Adapun pada peluncuran perdana ini, harga On The Road (OTR) wilayah Jakarta untuk All New Ertiga Hybrid Cruise tipe AT/Cool Black adalah Rp299 juta, lalu tipe AT/Two Tone Rp301 juta. Kemudian tipe MT/Cool Black Rp288 juta, dan tipe MT/Two Tone Rp290 juta.


(uda)