Layanan Bengkel

BMW Astra: Beberapa Konsumen 'Parno' dengan Virus

Operation Manager BMW Astra, Teguh Widodo.
Operation Manager BMW Astra, Teguh Widodo.

Autogear.id: BMW Astra menerapkan standar pelayanan baru dengan protokol kesehatan di setiap diler dan bengkel resminya. 

Tidak hanya untuk menghindari terpaparnya virus Covid-19, namun hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi konsumen. 

Operation Manager BMW Astra, Teguh Widodo menjelaskan bahwa kebanyakan karakter konsumen BMW Astra justru sangat disiplin terkait dengan protokol kesehatan. 

"Sebenarnya mereka (konsumen) lebih disiplin, kenapa home service kita pakai perangkat sterilizer segala karena pernah lho kejadian. Konsumen itu setelah di service mobilnya mereka nggak mau terima kunci, ditarok di bawah dulu setelah disemprot sendiri. Justru mereka lebih takut lagi," kata Teguh di BMW Astra Cilandak beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut terkait dengan layanan home service, Teguh membenarkan sejak adanya pandemi permintaan Home Service di BMW Astra meningkat tajam. Meski begitu jumlah konsumen yang service langsung ke bengkel juga tetap stabil alias tidak berkurang. 

"Kita home service itu kapasitasnya cuma dua sehari. Kalau sekarang antrian home serviec panjang banget. Kalau jumlah konsumen yang service ke diler angkanya nggak turun," lanjut Teguh. 

Adapun standar protokol yang diterapkan BMW Astra yakni pengukuran suhu tubuh untuk pengunjung dan staf, mengisi buku tamu menggunakan ponsel melalui QR code, penyediaan cairan pembersih tangan, penerapan jaga jarak fisik, penggunaan sinar UV untuk sterilisasi berbagai peralatan, penerapan self-service di ruang tunggu, pembersihan fasilitas showroom setiap empat jam dan penggantian masker para staf setiap empat jam. 

Setiap mobil yang akan diberikan ke pelanggan saat serah terima dibersihkan menggunakan disinfektan dan kemudian disegel. Pihak BMW Astra menegaskan disinfektan yang digunakan aman bagi kesehatan karena berstandar food grade. 

Untuk layanan di rumah ataupun kantor pelanggan, BMW Astra menjamin tenaga sales, hingga mekanik BMW Astra akan dilengkapi Care Kit yang berisikan pembersih tangan, tisu alkohol, Air Sanitizer, lap dan cairan pembersih yang digunakan sebelum dan sesudah pelanggan melakukan test drive atau proses perbaikan kendaraan. 


(uda)