Mobil Baru

Sebagai Medium SUV 5 Penumpang, Apa Istimewanya Yaris Cross?

Toyota Yaris Cross Hybrid terbaru, usung kemampuan yang tak biasa dari Yaris reguler. TAM
Toyota Yaris Cross Hybrid terbaru, usung kemampuan yang tak biasa dari Yaris reguler. TAM

Autogear.id - Setelah world premiere pada Mei lalu, Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya merilis harga resmi All New Yaris Cross sebagai 5-Seater Medium SUV. Memenuhi kebutuhan mobilitas pelanggan, sekaligus melengkapi line-up Hybrid EV Toyota di Indonesia. 

Vice President Director TAM, Henry Tanoto menjelaskan, Yaris Cross terbaru sebagai full Hybrid EV tetap mempertahankan fungsionalitas dan drivability khas SUV perkotaan. “Tentunya memiliki value for money yang tinggi,” kata Henry, Selasa (13/6/2023).

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menyampaikan model ini membawa konsep “Solid & Dynamic” bermodalkan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota kekinian. “Kabin kompak mengoptimalkan volume interior. Eksteriornya menampilkan voluminous body dengan garis-garis karakter khas. Keinginan menghadirkan ever-better cars terwujud dalam kemasan yang up-to-date dan advance, serta pilihan varian yang lengkap dan harga kompetitif,” katanya.
 
Bermodalkan 6 pilihan model, di mana tipe 1.5 S HV CVT dengan GR Parts Aero Package hybrid engine dan sematan GR Aero Package, diposisikan sebagai flagship model. Tipe lainnya yaitu 1.5 G M/T, 1.5 G CVT, 1.5 S CVT, 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package, bersama dengan varian Hybrid EV yakni 1.5 S HV CVT. Seluruh tipe punya 7 pilihan warna mono-tone serta 3 warna dual tone. Beberapa tipe juga memperoleh sematan GR Aero Package.

Baca Juga:
Berbulan-bulan Ditunggu, Segini Harga Mobil Listrik MG4 EV

Model ini diperkuat Panoramic Glass Roof with Power Sunshade untuk tipe 1.5 S HV CVT dan 1.5 S HV CVT with GR Parts Aero Package. Kokpit driver-oriented fokus pada panel instrumen TFT 7-inch digital yang dapat dikostumisasi dalam 4 pattern. Terdapat juga beragam ornamen GR pada varian dengan GR Parts.

Semua tipe mendapatkan LED Headlamp with DRL, LED Foglamp, dan LED Rear Combination Lamp di depan dan belakang. Seluruh tipe S sudah dilengkapi Auto Headlamp + Follow Me Home, Roof Rail, Electric & Auto Retract Side Mirror ditambah Welcoming Lamp, dan Power Backdoor with Kick Sensor pertama di kelasnya untuk kemudahan buka-tutup bagasi. 

Bagian “sepatu”, tipe G menggunakan 17 inci machining alloy wheel dan tipe S disematkan 18 inci machining alloy wheel. Teknologi Quole Modure pada jok punya kemampuan mereduksi panas pada permukaannya, yang ditambah Electric Seat Adjuster pada jok pengemudi. Menjaga kesejukan kabin, untuk tipe S telah menggunakan Rear Air Vent pada bangku belakang.
 
Terdapat 10.1 inci HUD Display with Wireless Smartphone Connectivity sebagai yang terbesar di kelasnya, ECO/Sport Drive Mode, dan Auto AC pada tipe S. Paddleshift tersedia di tipe 1.5 S CVT dan 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package. Sedangkan model Hybrid EV memperoleh tambahan Wireless Charger, serta Multicolor Ambient Illumination Lamp pada console box dan front door trim. 

Baca Juga:
Tangkal Kebosanan, Mitsubishi Tawarkan Personalisasi Tampilan Kendaraan

Seluruh tipe dilengkapi Push Start System, Immobilizer, dan Smart Entry System, bersama dengan power outlet 12 Volt serta koneksi charger Type B dan Type C untuk penumpang depan dan belakang. Memasukkan teknologi elektrifikasi sebagai bagian dari Multi Pathway Strategy dalam berkontribusi menekan emisi karbon, mobil ini dilengkapi pilihan hybrid engine 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc 4 silinder bertenaga 67 kW di mesin dan 59 kW pada motor listrik. Adapun torsinya sebesar 121 Nm di mesin dan 141 Nm di motor listrik. 

Dikendalikan oleh Toyota Hybrid System (THS), dapur pacu ini dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan dalam penyaluran tenaga. Tersedia pilihan mesin Gasoline 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Terdapat pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT yang menawarkan hemat bahan bakar dalam rangka low cost of ownership.

Tipe Urban SUV ini keseluruhannya dilengkapi Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC). Lalu terdapat Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), hingga Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam glove box. Sementara itu, fitur Panoramic View Monitor juga hadir untuk memudahkan manuver parkir di area terbatas.
 
Toyota Safety Sense (TSS) tersemat dengan fitur Cruise Control (ACC), Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), Lane Departure Warning (LDP), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Keeping Control (LKC), Pedal Misoperation Control (PMC), dan Front Departure Alert (FDA).

Baca Juga:
Shelter Ojol Palmerah Jadi Penghubung Transportasi Multi Moda

 
Terkoneksinya mobil lewat T Intouch dapat selalu terhubung kepada layanan kepemilikan berbasis digital melalui aplikasi mToyota, yang terdiri atas E-Care (Maintenance), Inquiry & Support Center, Trip Driving Update, dan Road Assistance. Untuk harga on the road DKI Jakarta, tipe 1.5 G M/T Rp351 juta, lalu tipe 1.5 G CVT Rp364 juta, tipe 1.5 S CVT Rp407,7 juta. Kemudian untuk tipe 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package Rp417 juta, tipe 1.5 S HV CVT Rp440,6 juta, dan tipe 1.5 S HV CVT GR Parts Aero Package Rp449,95 juta.


(uda)