Autogear.id – Porsche Macan untuk pertama kalinya menyandang inisial ikonik, tiga huruf yang telah memiliki reputasi istimewa di kalangan penggemar Porsche; GTS.
Macan GTS, varian terbaru dalam lini SUV listrik ini menawarkan dinamika berkendara luar biasa dan performa akselerasi mengesankan.
Sprint dari 0–100 km/jam hanya butuh waktu 3,8 detik, mencapai 200 km/jam dalam 13,3 detik, dengan kecepatan puncak yang dibatasi hingga 250 km/jam.
Seperti Macan Turbo, Macan GTS dilengkapi motor listrik poros belakang paling bertenaga di jajaran modelnya. Unit tenaga ini berdiameter 230 mm, dengan panjang aktif 210 mm, dan menggunakan inverter pulsa silikon karbida (SiC) kapasitas 900 amp yang sangat efisien.
Motor ini menghasilkan tenaga 380 kW (516 PS) dengan kombinasi motor listrik di poros depan, meningkat menjadi 420 kW (571 PS), dengan overboost saat Launch Control diaktifkan, serta torsi maksimum mencapai 955 Nm.
Sama seperti pada Macan Turbo, transmisi dengan rasio 9.0:1 pada Macan GTS ini dirancang secara khusus untuk menahan torsi besar dari model berperforma tinggi. Kendaraan ini menawarkan jarak tempuh gabungan hingga 586 km (WLTP).
Mengisi daya baterai di stasiun pengisian cepat, baterai tegangan tinggi kapasitas 100 kWh dapat diisi dari 10 - 80 persen hanya dalam waktu 21 menit, dengan daya pengisian puncak 270 kW.
Paket Sport Chrono hadir sebagai standar, Diperluas dengan mode lintasan yang sebelumnya dikenal dari Taycan. Mode ini mempersiapkan mobil untuk performa berkendara optimal dengan meningkatkan pendinginan baterai.
Suspensi Udara Sport dengan Penyetelan Khusus GTS
Kendaraan Porsche ini salurkan tenaga dengan gaya khas mobil sport, gabungkan distribusi bobot condong ke belakang, pusat gravitasi rendah, serta manajemen tenaga cerdas.

Bersama sistem penggerak semua roda, dilengkapi Porsche Traction Management (ePTM) elektronik respons cepat, standar Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) juga hadir.
Diferensial lock elektronik meningkatkan traksi dan kelincahan, terpasang langsung di motor belakang, untuk membantu mencapai distribusi bobot 48:52 yang condong ke belakang.
Memiliki pusat gravitasi terendah di antara seluruh lini model Macan. Para insinyur secara khusus menyempurnakan suspensi udara sport, dilengkapi pengatur ketinggian dan Porsche Active Suspension Management (PASM).
Ketinggian bodi lebih rendah 10 mm, serta penyetelan damper dan batang anti-roll yang disesuaikan untuk GTS, memberi kelincahan dan presisi saat menikung. Dapat ditingkatkan lebih lanjut dengan fitur opsional rear-axle steering.
Karakter emosional tercermin dari suaranya. Fitur Porsche Electric Sport Sound (PESS) kini menawarkan dua profil suara eksklusif khusus GTS. Masing-masing dengan karakter berbeda, dapat dipilih melalui mode ‘Sport’ dan ‘Sport Plus’.
Eksterior: Aksen Hitam dan Side Skirt Eksklusif
Tampilan eksterior Macan GTS terbaru didefinisikan oleh berbagai detail berwarna hitam pada bagian depan, samping, dan belakang.
Sorotan utama terlihat pada lampu depan Matrix LED berwarna gelap dan garis tegas pada bagian luar di atas airblade.
Mulai awal 2026, Porsche akan menawarkan paket Sport Design baru untuk seluruh model Macan, termasuk desain apron depan dan belakang.

Bagian bawah belakang tampilkan desain khas dengan trim hitam, dan panel diffuser menonjol. Sementara lampu belakang diberi efek gelap, agar serasi dengan lampu depan.
GTS dilengkapi velg standar 21 inci Macan Design berwarna Anthracite Grey, dengan opsi velg 22 inci RS Spyder Design dalam warna yang sama.
Bersamaan dengan peluncuran Macan GTS baru, tiga warna baru juga tersedia, yakni Crayon yang populer kini kembali, disertai warna khas GTS Carmine Red, dan untuk pertama kalinya pada model Macan, Lugano Blue.
Interior: Jahitan Dekoratif Opsional Senada Warna Eksterior
Untuk mempertahankan tampilan sporty, interior Macan GTS menampilkan pelapis Race-Tex dengan elemen kulit halus kelir hitam.
Material Race-Tex hadir pada setir GT Sports multifungsi berpemanas, sandaran tangan konsol tengah dan panel pintu, serta bagian dasbor. Panel tengah pada kursi Sports Seats adaptif dengan pengaturan 18 arah juga dilapisi Race-Tex.
Peningkatan lebih lanjut pada sistem bantuan pengemudi dan fungsi digital. Fitur-fiturnya meliputi Porsche Digital Key sebagai pelengkap kunci fisik.
Lalu fungsi bantuan parkir terbaru, Voice Pilot berbasis AI, pilihan hiburan dalam mobil yang kini mencakup in-car gaming, serta peningkatan kapasitas maksimum untuk menarik beban hingga 2.500 kilogram.
(uda)

 
					 
					 
					 
					