Pameran Otomotif IIMS 2023

Merusak Harga Pasar SUV Kompak, Ini Penjelasan Wuling Soal Alvez

Wuling bikin harga pasar SUV kompak jadi 'rusak', begini penjelasan Wuling soal itu. WM
Wuling bikin harga pasar SUV kompak jadi 'rusak', begini penjelasan Wuling soal itu. WM

Autogear.id - Dalam industri otomotif nasional, kehadiran Wuling Motors memang selalu memberikan kejutan yang besar. Terutama dalam hal pemberian label harga untuk kendaraan-kendaraan yang mereka jual. Sehingga banyak pihak yang mengatakan mereka menghadirkan kendaraan yang harganya cukup jauh di bawah rentang harga kompetitornya.

Bukan hanya di segmen Low MPV, MPV dan SUV miliknya. Namun mobil yang baru saja mereka luncurkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) BOOST 2023, yaitu Alvez. Diakui oleh pabrikan asal Tiongkok ini, bahwa banderol harga yang mereka berikan untuk mobil yang punya segmentasi di SUV kompak ini memang sangat kompetitif. 

Apalagi saat ini, hampir semua pabrikan kendaraan penumpang di Indonesia punya kendaraan SUV kompak, namun dengan tawaran harga yang mulai bermain di atas Rp250 juta dan harga untuk varian lebih tinggi ada di harga Rp300 jutaan. Sementara Alvez hadir dengan harga Rp209 juta on the road Jakarta.

"Harga Alvez bisa kompetitif tentu bukan hanya karena mempertimbangkan satu hal saja, namun banyak hal yang ada di sana. Mesin yang menggunakan platform sama dengan Confero salah satunya, meski demikian, karakternya sangat berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan SUV kompak. Kemudian beberapa komponen yang memang diproduksi secara lokal, sehingga ini membuat harga jualnya bisa lebih murah," papar Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko pada Jumat (17/2/2023) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Barat.

Baca Juga:
31 Unit Yamaha Nangkring Manja di IIMS BOOST 2023

Harga Lebih Murah, Fitur Tetap Mewah
Meski harga jualnya bermain di rentang harga yang dimainkan oleh low MPV, namun mobil ini tetap mengedepankan teknologi dan fitur yang ada di dalamnya. Inovasi tersebut di antaranya fitur perintah suara canggih berbahasa Indonesia yang pertama dan satu satunya di Tanah Air yaitu Wuling Remote Control App. 

Fitur ini memungkinkan pengguna menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan berbagai fitur kendaraan seperti pendingin udara, jendela, sunroof, akses fitur hiburan seperti musik atau radio, serta melakukan panggilan telepon. "Hadirnya Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) menyajikan kemudahan dan kenyamanan bahkan sejak persiapan saat ingin mengendarai kompak SUV terbaru Wuling ini,” imbuh Danang.

Inovasi lainnya adalah Wuling Remote Control App yang menghadirkan koneksi internet sehingga memungkinkan pengendara untuk mengakses kendaraannya dari jarak jauh melalui aplikasi MyWuling+ pada ponsel. Selain itu, pengendara mendapatkan kemudahan berupa Online Music, Online Navigation dan Internet Messaging App melalui head unit yang telah didukung oleh perintah berbahasa Indonesia.

Keunggulan lain yang ditawarkan Wuling Alvez adalah hadirnya Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang membantu pengemudi melakukan kontrol dalam berkendara yang lebih aman. Terdapat 3 tipe yang dihadirkan oleh Wuling, SE Rp209 juta lalu CE berbanderol Rp255 juta dan EX berbanderol Rp295 juta. Semua harga itu adalah harga on the road Jakarta.


(uda)