Pameran Otomotif

Lucunya MG 4EV, Kantongi 1200 SPK Tapi Belum Ada Harga

Belum dipatok harga resminya, MG4EV sudah terpesan sebanyak 1200 unit. AG-Alun
Belum dipatok harga resminya, MG4EV sudah terpesan sebanyak 1200 unit. AG-Alun

Autogear.id – Ketika ikut serta dalam pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023, lagi-lagi MG Motor Indonesia masih malu-malu merilis harga mobil listrik MG 4EV nya. Padahal, varian tersebut sudah diperkenalkan lumayan lama. Tepatnya sejak ajang pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023 beberapa waktu lalu.

Lucunya lagi, pihak MG mengaku sudah berhasil mengantongi 1200 SPK untuk model yang satu itu. Tentunya angka ribuan unit tersebut bukanlah main-main. Lantas pada akhirnya timbul pertanyaan, bagaimana cara meyakinkan calon pembeli sampai akhirnya mau membeli? Kemudian tembus hingga mencapai SPK sebanyak itu, jika sebelumnya calon pembeli tidak tahu berapa harganya?

Marketing and PR Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin dalam pembukaan PEVS 2023, di JIExpo Kemayoran, Rabu (17/5/2023) mengatakan, beberapa pembeli sebatas membayar uang muka Rp5 juta, sudah mengantongi SPK untuk MG 4EV.

“Kenapa kami belum rilis harga? Karena ingin benar-benar matang, dalam menetapkan harga untuk produk tersebut. Rencana harga keluar sekitar Juni atau Juli mendatang, mohon tunggu ya,” kilah Arief di booth MG Motor Indonesia, Hall A JIExpo Kemayoran.

Baca Juga:
Kompetitif di Kelas SS600 dan ASB1000, Pembalap AHRT Punya Peluang Besar

Beberapa menebak-nebak, kalo model ini diperkirakan akan dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 400 jutaan. Mengingat di Thailand dijual dengan harga 869 ribu Baht atau setara Rp 380 jutaan. Diketahui, mobil listrik yang hadir di tanah air ini sebagai model crossover pertama berbasis tenaga penggerak 100 persen listrik. Diklaim satu-satunya mobil listrik yang menggunakan teknologi Rear Wheel Drive (RWD), dengan power hingga mencapai 125 kW.

Artinya dengan power sebesar itu membuatnya disebut-sebut mampu menempuh 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,7 detik. Mobil ini dibekali baterai Lithium Iron Phospate berkapasitas hingga 51 kWh. Bisa digunakan menempuh jarak maksimum 425 km. 

Baterainya juga diklaim sangat tipis, hanya sekitar 110 mm atau lebih tipis dari minuman kaleng yang tingginya 123 mm. "Dilengkapi sistem pengisian daya cepat, memungkinkan baterainya terisi penuh dalam waktu relatif singkat. Yaitu 0-80 persen isi daya hanya butuh waktu 35 menit,” ungkap Arief.

Sejauh ini MG memiliki line up model kendaraan listrik MG ZS EV, MG Marvel R Electric, MG5 EV, dan MG 4EV yang terbaru. Secara general, model-model ini telah memberikan kontribusi pada kehadiran global MG di lebih dari 84 negara, dengan lebih dari 300 ribu kendaraan listrik terjual di seluruh dunia.


(uda)