Autogear.id - Diavel V4 RS terbaru edisi terbatas dengan mesin Desmosedici Stradale telah dihadirkan. Meningkatkan standar performa dan sensasi Muscle Roaster, ditawarkan oleh Borgo Panigale, membawa Diavel lebih dekat dengan dunia Superbike.
Jajaran Ducati RS, yang diperkaya dengan model baru ini, menciptakan model unik yang mampu mencapai keseimbangan antara sensasi berkendara sport dan kenyamanan sehari-hari.
Mesin V4, dilengkapi sistem Desmodromic dan poros engkol berputar berlawanan arah, dikembangkan dari MotoGP. Menjadikannya motor produksi Ducati tercepat dalam akselerasi dari 0 – 100 km/jam.
Berkat mesin bertenaga dan paket elektronik canggih yang memungkinkan pengendara memaksimalkan kinerjanya, V4 RS mencapai tingkat performa yang sebelumnya tak terbayangkan.
Di tangan Marc Márquez, Diavel V4 RS terbukti mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu hanya 2,5 detik, sebuah rekor yang sebelumnya hanya dipegang oleh motor MotoGP.

Bahkan untuk seorang pengendara biasa, jika memanfaatkan strategi dari Ducati Power Launch, bisa mencapai start luar biasa. Di tangan seorang pengendara professional, Diavel V4 RS dapat menghasilkan akselerasi yang biasanya hanya dicapai oleh motor balap.
Suara khas Desmosedici Stradale, dengan kopling kering dan performa tenaga agresif serta mendebarkan. Diavel V4 RS mampu menarik perhatian di kecepatan rendah, menyenangkan dikendarai berkat suspensi Öhlins, lengan ayun aluminium satu sisi, dan velg tempa.
Detail teknis dan gaya yang membedakan lini Diavel V4 RS menjadikannya unik, dalam karakter dan substansi. Logo RS yang dirancang Centro Stile tercermin di corak, grafis dasbor, dan kunci yang diukir dengan laser.
Lubang udara dan single-seater tailpiece yang dirancang secara eksklusif untuk motor ini memperkuat citra unik dan sporty model ini dengan tetap mempertahankan ciri khas Diavel.
Komponen serat karbon, seperti pelindung roda depan dan belakang, penutup bodi depan, penutup tangki, penutup bodi single-seater tail, dan saluran masuk udara menciptakan permainan kontras dengan corak RS yang sporty dan dinamis.
Tampak sampingnya lebih sporty dan agresif. Lubang udara komposit pada bahu tangki bahan bakar menggantikan serat karbon yang terekspos, pada bagian bawah dengan bagian atas yang dicat merah.

Kursi pengemudi dirancang khusus untuk Diavel V4 RS, dilengkapi dengan jahitan merah di sisi-sisinya yang menonjolkan karakter sporty. Penutup bodi single-seater tail, juga terbuat dari serat karbon, dilengkapi logo “RS” di kedua sisi. Menggantikan kursi penumpang Diavel, sehingga memberi kesan ringan pada bagian belakang.
Mesin Desmosedici Stradale
Diavel V4 RS dilengkapi mesin Desmosedici Stradale kapasitas 1.103 cc. Menggabungkan performa halus pada putaran rendah dan menengah, dengan karakter lebih agresif dan sporty pada putaran tinggi.
Ducati telah mengoptimalkan mesin desmodromik ini, menghasilkan kurva tenaga yang sangat luas. Halus dalam responsnya pada putaran rendah, V4 menjadi mendebarkan mendekati batas putaran maksimum.
Dalam konfigurasinya, mesin Desmosedici Stradale yang memenuhi standar Euro 5+, dilengkapi filter udara Sprintfilter P08 berpori tinggi. Menghasilkan tenaga maksimum 182 hp, dengan batas putaran mesin 13.500 rpm, di semua gigi kecuali gigi pertama, di mana batas putaran mesin dimulai pada 14.000 rpm.
Untuk memaksimalkan akselerasi pada gigi rendah, dan meningkatkan performa Desmosedici Stradale pada Diavel V4 RS, rasio gigi akhir telah ditentukan secara khusus. Sementara rasio transmisi tetap tidak berubah, dibantu sistem DQS 2.0 baru.
Sistem ini menggunakan strategi pada sensor posisi sudut drum perpindahan gigi, memungkinkan penggunaan batang perpindahan tanpa microswitch. Memberikan pengendara perasaan yang langsung dengan perjalanan yang lebih pendek.
(uda)

 
					 
					 
					 
					