Jadi yang Terbaik, Porsche Leipzig Sisihkan 100 Pabrik Lain di Dunia

Pabrik Porsche di Leipzig dinobatkan sebagai yang terbaik sisihkan 100 pabrik lain dari seluruh dunia - Porsche
Pabrik Porsche di Leipzig dinobatkan sebagai yang terbaik sisihkan 100 pabrik lain dari seluruh dunia - Porsche

Autogear.id - Pabrik Porsche di Leipzig dinobatkan sebagai pabrik terbaik tahun ini, versi konsultan Kearney, Süddeutscher Verlag Veranstaltungen dan majalah perdagangan Produktion.

Lokasi produksi pabrikan mobil sport di Saxony itu unggul dari para pesaing. Hampir 100 pabrik dari seluruh dunia mengajukan penawaran untuk penghargaan industri terkenal ini.

Porsche menerapkan visinya mengenai fasilitas yang cerdas dan terhubung lewat pendekatan Smart Factory. Didasarkan pada proses yang efisien dan hemat sumber daya, cerdas, ramping, dan ramah lingkungan.

Proses “perkawinan” baru di pabrik perakitan, merupakan contoh produksi campuran lean dengan tingkat kompleksitas yang tinggi. Perkawinan adalah inti dari produksi mobil, ketika sasis dan bodi disatukan.

Di Leipzig, proses pernikahan dirancang untuk fleksibilitas maksimal. Di sini, mobil dengan tiga jenis drivetrain berbeda, pembakaran, hibrida, dan listrik, diproduksi dalam satu jalur perakitan. Pemantauan baterai berbasis kamera untuk mobil listrik juga terintegrasi. Bersama sistem pengukuran otomatis untuk memeriksa ulir sekrup.

Contoh lain dari paint shop. Di masa lalu, lapisan cat diperiksa anggota tim. Kini solusi cerdas melakukan hal ini, dengan efisiensi jauh lebih besar. Deteksi kesalahan otomatis (AFE) telah beroperasi secara seri sejak tahun 2023.

Hanya dalam 70 detik, dua robot memindai lapisan cat seluruh permukaan bodi mobil dengan pola garis-garis tipis. Sekitar 100.000 foto memungkinkan mereka menggunakan pantulan, mengidentifikasi ketidakteraturan terkecil sekalipun.

Berdasarkan hasil, lima komputer pengolah gambar tampilkan visualisasi 3D tubuh yang dengan sangat cepat menunjukkan lokasi dan jenis penyimpangan, yang terdeteksi kepada pekerja.

Keberlanjutan dan Komitmen Terhadap Masyarakat

Porsche bertujuan mengurangi dampak terhadap lingkungan sebanyak mungkin. Salah satu aspek dari visi Zero Impact Factory adalah mempromosikan ekonomi sirkular, keanekaragaman hayati, dan kualitas udara.

Sejak 2017, pabrik Leipzig hanya gunakan listrik dari energi terbarukan. Produksi sudah netral CO2 sejak tahun 2021, dan sebagian listrik diproduksi pabrik itu sendiri. Empat sistem fotovoltaik terpasang, total output sekitar 9,4 MWp (megawatt peak). Porsche sedang berupaya mencapai status netral karbon, untuk mobil-mobil yang diproduksi, pada 2030.

Selain produksi hemat sumber daya, pabrikan juga telah membuat komitmen sosial mendukung proyek-proyek di kawasan terkait pendidikan, kebudayaan, masalah sosial, olahraga dan lingkungan.

Pada lahan off-road sekitar 132 hektar, pabrik ini terapkan konsep padang rumput penggembalaan berbasis alam. Selain sapi Heck dan kuda poni Exmoor, juga sekitar tiga juta Lebah Madu ke lokasi tersebut.

Tahun 2002, pabrik ini mulai beroperasi sebagai tempat produksi Porsche kedua, setelah kantor pusat perusahaan di Stuttgart-Zuffenhausen. Saat ini, lebih dari 4.600 karyawan membuat model Macan dan Panamera di sini. Pabrik ini juga merupakan rumah bagi Porsche Experience Center, dengan trek bersertifikasi FIA dan jalur off-road.


(uda)