Pameran Otomotif GJAW 2023

All New Daihatsu Ayla Resmi Dijual, Harganya Masih LCGC Cui!

All New Astra Daihatsu Ayla masih berbanderol LCGC dengan banyak fitur yang menawan. AG-Alun
All New Astra Daihatsu Ayla masih berbanderol LCGC dengan banyak fitur yang menawan. AG-Alun

Autogear.id – Memanfaatkan momen pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Daihatsu secara resmi meluncurkan model LCGC (Low Cost Green Car) Hatchback generasi terbarunya, All New Astra Daihatsu Ayla. Marketing Director, dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sri Agung Handayani mengatakan, Daihatsu selalu berusaha mengembangkan produk sesuai kebutuhan pelanggan. 

Dibuktikan dengan implementasi platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA). “Bagi pelanggan yang butuh mobil pertama, untuk melengkapi kebahagiaan ragam aktivitas bareng keluarga, mobil LCGC All New Ayla menjadi platform DNGA ketiga yang kami produksi. Setelah Rocky dan All New Xenia yang meluncur pada 2021,” tutur Sri dalam pembukaan booth Daihatsu di GJAW, Jumat (10/3/2023).

Melalui platform berbasis DNGA, Daihatsu Ayla teranyar ini dikabarkan mengalami ubahan total. Sehingga mempunyai desain dan teknologi terkini, performa prima, fitur keselamatan dan kenyamanan lebih lengkap, bahan bakar efisien sekaligus value for money.

Executive Coordinator of Product I Department Head PT ADM, Dendy Triyanto mengatakan, All New Ayla kantongi 3 poin penting; valuable, comfort, dan compact. Dalam hal valuable, eksteriornya tampil agresif dan penuh tenaga. Ditambah desain baru alloy wheel diamater 14’ inci, dan LED Headlamp serta DRL (Daytime Running Light).

Baca Juga:
Kantongi 30an SPK, Segini Harga Suzuki Grand Vitara

Sisi interior, kokpit dasbornya tampil sporty dan kekinian dengan nuansa advance feeling. Ditambah desain meter cluster baru dan pengaturan AC digital untuk memudahkan pengaturan suhu kabin. Mobil ini tersedia dengan 2 pilihan mesin baru, yaitu 1.2L WA-VE DOHC Dual VVT-i, dan 1.0L KR-VE DOHC VVT-I. Tawarkan akselerasi responsif dan bertenaga meski di RPM rendah. Dilengkapi transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission), mengejar akselerasi lebih halus dan irit bahan bakar.

All New Ayla dilengkapi Dual SRS Airbag pada seluruh varian sebagai fitur keselamatan. Tentunya juga pengingat penggunaan sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang. Pada beberapa varian, All New Ayla juga memiliki fitur keselamatan terkini seperti HSA (Hill Start Assist), mencegah mobil bergerak mundur saat berhenti di tanjakan selama beberapa waktu. 

Begitupula VSC (Vehicle Stability Control), menjaga kestabilan kendaraan selama melaju, dan ABS (Antilock Brake System) serta EBD (Electronic Brakeforce Distribution) untuk mengoptimalkan performa pengereman. Dalam hal kenyamanan berkendara (comfort), All New Ayla punya tingkat stabilitas dan kesenyapan lebih. Berkat penyematan platform DNGA, dan teknologi suspensi baru. 

Kemudian All New Ayla dilengkapi tombol Engine Push Start-Stop, ditambah Tilt Steering mempermudah pengaturan posisi stir ketika akan berkendara. Touchscreen Audio 7 inci terkoneksi dengan smartphone sebagai sarana hiburan, serta E-latch Backdoor yang bikin gampang buka dan tutup bagasi. 

Baca Juga:
Hanya Beda Rp1,5 Juta, Harga Resmi Omoda 5 Masih Menggiurkan?

Dari sisi kompak, All New Ayla memiliki dimensi 3.760mm x 1.665mm x 1.515mm (PxLxT). Ground clearance nya 160mm, radius putar 4,4m, sistem kemudi tipe Electric Power Steering (EPS), dan kapasitas bagasi menjadi 265 Liter. Memiliki 8 pilihan warna, 3 di antaranya warna terbaru, yakni Ruby Red Metallic, Compagno Red, dan Metallic Orange. 

Daihatsu juga menyediakan 3 varian utama Ayla terbaru, yaitu varian M, X, dan R (1.0M M/T; 1.0X M/T; 1.0X CVT; 1.2R M/T; dan 1.2R CVT), dengan harga mulai dari Rp134 juta – Rp189,9 juta OTR Jakarta. Sebagaimana diketahui, Astra Daihatsu Ayla merupakan salah satu pelopor mobil LCGC Hatchback sejak 2013. Tercatat, lebih dari 270 ribu orang Indonesia memilihnya sebagai mobil pertama mereka. 


(uda)