Mobil Baru

Mazda CX-60 Terbaru Lahir Membawa Ideologi Jinba Ittai

Mazda CX-60 jadi senjata baru Mazda jelang perhelatan pameran GIIAS 2023. AG-Alun
Mazda CX-60 jadi senjata baru Mazda jelang perhelatan pameran GIIAS 2023. AG-Alun

Autogear.id - Mengisi ceruk pasar SUV yang terus bertumbuh di Tanah Air,  PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) resmi meluncurkan produk terbaru All-New Mazda CX-60. Hal ini dilakukan guna memenuhi line-up merek Jepang tersebut, yang saat ini masih terus fokus menggarap pasar mobil premium di Indonesia. 

Model terbaru ini dikatakan telah dibekali dengan berbagai fitur terbaru, yang belum ada di produk-produk yang dipasarkan sebelumnya. Mobil ini diakui terlahir dengan filosofi Jinba-Ittai, yang lebih disempurnakan lagi oleh para insinyurnya, The Perfect Jinba-Ittai. Filosofi ini mendefinisikan hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi. 

Ideologi Jinba-Ittai yang telah berkembang selama tiga generasi, mengubah pengalaman berkendara dan memikat para penggemar mobil di seluruh dunia. Bahkan ideologi itu juga telah menjadi bagian dari perjalanan panjang pabrikan ini dalam pengembangan berbagai model kendaraan, terutama dalam aspek keselamatan dan kenyamanan.

Managing Director PT EMI, Ricky Thio dalam peluncuran Mazda CX-60 terbaru di kawasan SCBD, Rabu (26/7/2023) mengatakan, desain kendaraan terbaru ini sarat dengan cerminan budaya, dan lahir dari filosofi estetika Jepang yang unik. 

Baca Juga:
Eksplorasi Putaran Tengah CB150X, Sambil Hirup Udara Segar

"Filosofi Jinba-Ittai yang lebih disempurnakan lagi oleh para insinyur kami, menjadikan All-New Mazda CX-60 sebagai mobil dengan ideologi The Perfect Jinba-Ittai. Hubungan tanpa batas antara mobil dan pengemudi, terutama hubungan dalam aspek keselamatan dan kenyamanan," ucapnya.

Lanjut Ricky, mewujudkan tarikan desain Kodo khas Mazda, All-New Mazda CX-60 hadir dengan exterior yang elegan dan memiliki lekukan indah. Perpaduan dari cahaya dan bayangan natural disekelilingnya, membuat warna-warna premium All-New Mazda CX-60 terlihat lebih cantik dan dinamis. 

Hal ini lantaran terinspirasi oleh elemen organik dan juga gerakan kaligrafi Jepang, lekukan bodinya dibuat dengan halus dari bawah ke atas. Untuk menyelaraskan keindahan alam dan dunia pengendaranya. Kiranya salah satu kekuatan yang turut berkontribusi pada SUV ini adalah impresi “Noble Toughness” pada tampilan eksterior nya. Sebuah konsep yang menggabungkan keunikan dan keanggunan desain Kodo yang dipadukan dengan sasis SUV berpenggerak roda belakang. 

Pada fender depan terdapat side signature baru, disertakan emblem Inline 6. Seakan berfungsi untuk menegaskan, bahwa mobil Mazda CX-60 seharga sekitar Rp1,1 miliar on the road ini adalah SUV dengan performa berkendara di atas rata-rata. Menggunakan mesin 3.3L Inline 6-silinder, e-Skyactiv-G, Turbocharged dilengkapi dengan teknologi M-Hybrid Boost (Mild Hybrid System). Mampu menghasilkan tenaga 280 hp dan torsi 450 Nm, menawarkan performa maksimal juga efisiensi bahan bakar. 

Baca Juga:
Eksplorasi Putaran Tengah CB150X, Sambil Hirup Udara Segar

Perkembangan terbaru pada desain Kodo ini dipadu ketangguhan arsitektur SUV dengan layout FR (front engine, rear wheel drive). Terkait kehadirannya di pasar Indonesia, mobil ini disajikan dalam satu varian platform roda penggerak, yaitu All Wheel Drive (AWD). Ditopang setelan i-Activ, yang secara primer mendukung pergerakan seluruh roda saat bergerak. 

Desain elegan terlihat pula dari jahitan Kakenui, hingga trim kulit nappa pada interior bangkunya, serta paduan material premium seperti tekstil tenun dan kayu maple dalam desain kabin kontemporer. Kontrol kendaraan juga disematkan pada bagian tengah, dengan menyajikan konsep ergonomis. Keseluruhan hal ini memberi kesan ruang yang tenang, luas, dan canggih. 

Sehingga menciptakan kemudahan dan keselarasan saat berkendara. “Fokus kami tidak hanya sebuah estetika saja, namun juga tentang DNA Mazda yang berakar pada harmonisasi berkendara, kemanusiaan, dan alam sekitar. Kami ingin terus menjalankan visi Mazda di Indonesia, selaras dengan nilai-nilai yang dianut oleh individu di era ini. All-New Mazda CX-60 adalah bukti dari implementasi visi ini," jelas Ricky.


(uda)