Pameran Otomotif IIMS 2023

DFSK Produksi Lokal Gelora E, Nyaris Diskon Rp50 Juta dan Rp399 Juta

Mobil listrik Gelora E dari DFSK kini resmi diproduksi secara lokal, harganya langsung diskon dari Rp399 juta jadi Rp350 juta. AG-Alun
Mobil listrik Gelora E dari DFSK kini resmi diproduksi secara lokal, harganya langsung diskon dari Rp399 juta jadi Rp350 juta. AG-Alun

Autogear.id – Keputusan DFSK mulai memproduksi lokal kendaraan ringan Gelora E, terulas saat berlangsungnya Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, hari pertama yaitu Kamis (16/2/2023). Mereka langsung memajang kendaraan yang mereka produksi sendiri di pabrik yang ada di Serang.

"Berdasarkan hasil R&D DFSK, kami putuskan untuk memproduksi DFSK Gelora E, baik blindvan maupun minibus di Indonesia. Hal ini tentu akan berdampak positif, khususnya dari segi harga. Karena sudah diproduksi lokal, membuat harga jualnya semakin terjangkau," ungkap  CEO PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus.

Alhasil, setelah diproduksi lokal, harga on the road terbaru DFSK Gelora E untuk DKI Jakarta yakni Gelora E Minibus Rp399 juta, dan Blind Van Rp350 juta. Produksi mobil Gelora E dilakukan di pabrik Cikande, Serang, Banten yang sudah mengadopsi berbagai teknologi produksi terkini dan modern. Sehingga diklaim telah memenuhi status sebagai industri 4.0. 

Secara keseluruhan pabrik DFSK mampu memproduksi 50 ribu unit per tahun berkat dukungan teknologi robotik dan sumber daya manusia (SDM) terlatih. Teknologi robotik yang diusung pabrik DFSK sudah mencapai 90 persen untuk proses produksi. Spesifikasi DFSK Gelora E sudah menggunakan teknologi Lithium-ion berkapasitas 42 kWH, dan sanggup menyuplai energi DFSK Gelora E sejauh 300 Km. 

Baca Juga:
Suzuki Grand Vitara Lahir Lagi, Kini Dalam Versi Hybrid

Untuk pengisian dayanya, didukung fast charging. Pengisian daya 20-80 persen hanya butuh waktu 80 menit. Perihal keamanan baterainya, Gelora E sudah mengadopsi langkah-langkah seperti perlindungan isolasi, perlindungan tegangan tinggi, tahan debu dan air (hingga standar IP67), dan sistem perlindungan baterai yang ketat untuk memastikan keamanan baterai dalam kondisi ekstrem.

Efisiensi energi DFSK Gelora E membuat konsumen cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp200 per kilometer, atau setara dengan 1/3 dari biaya operasional kendaraan komersial konvensional. Untuk dimensi DFSK Gelora E tercatat 4.500 mm x 1.680 mm x 2.000 mm (PxLxT), menawarkan kabin ekstra luas dan lapang, serta dipadu kemampuan berkendara yang bisa diandalkan. 

Model Gelora E Minibus hadir dengan kapasitas 7 penumpang dan cocok untuk digunakan sebagai kendaraan angkutan umum, travel, kendaraan shuttle, antar jemput karyawan, bahkan mendukung sektor pariwisata. Kemudian untuk model Blind Van didukung dengan panjang kabin mencapai 2,63 m dan area kargo mencapai 5 m3 dan cocok untuk kebutuhan logistik, katering, angkutan barang, dan berbagai sektor lainnya.


(uda)