Mobil Konsep

Wuling Pamer Almaz Hybrid di Pameran EV, Siap Dirilis Nih?

Wuling sudah siapkan Almaz Hybrid sebagai jawaban teknologi pilihan buat yang mau beralih ke mobil ramah lingkungan. WM
Wuling sudah siapkan Almaz Hybrid sebagai jawaban teknologi pilihan buat yang mau beralih ke mobil ramah lingkungan. WM

Autogear.id – Setelah mendulang sukses lewat kehadiran Air ev, Wuling Motors pun coba memamerkan inovasi terbaru, Almaz Hybrid Concept, untuk pertama kali di hadapan publik. Wuling memamerkannya dalam gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, beberapa hari yang lalu.
 
“Sejalan tema ‘The Future is Now’ yang diusung Wuling pada kegiatan IEMS 2022, kami bawa dua inovasi berkendara ramah lingkungan, Wuling Air ev dan Almaz hybrid concept,” ucap Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani.
 
Almaz hybrid concept, sama seperti teknologi hybrid pada umumnya. Menggabungkan antara mesin berbahan bakar minyak, dan motor listrik tenaga baterai. Tujuannya, tingkatkan efisiensi sekaligus ramah lingkungan. Selain itu, inovasi hybrid yang dikembangkan Wuling ini digadang-gadang punya performa tinggi. “Diharapkan nantinya bisa memberi pengalaman berkendara lebih menyenangkan,” ucap Dian.
 
Bicara Almaz hybrid, memang tak banyak terkuak spesifikasi dari mobil SUV yang menggunakan basis Almaz RS ini. Hanya sedikit terungkap, yakni menggunakan mesin 2.0 Liter baru dan motor listrik P1+P3 yang diakurkan melalui trasmisi Dedicated Hybrid Transmission (DHT). Untuk baterainya menggunakan jenis lithium ion.

Baca Juga:
Sergio Perez Tekuk Duo Ferrari di F1 Singapura

 
Meski begitu, mungkin tak ada salahnya bila sedikit membuka ‘selubung’ spesifikasi. Lalu membandingkannya dengan produk lain dari merek berlogo lima berlian yang sama. Bukan tidak mungkin kedua produk Wuling yang dibandingkan tersebut, satu sama lain punya kemiripan. Jangan-jangan bisa jadi malah memiliki spesifikasi yang sama.
 
Sempat terekspos pada Agustus 2022 silam, Wuling Motors resmi meluncurkan Asta HEV (Hybrid Electric Vehicle) di pasar Tiongkok. Seperti dijelaskan Wuling global lewat sejumlah media, bahwasanya Asta HEV yang mereka buat merupakan model hybrid pertama Wuling. Asta HEV secara lebih detail dikatakan dibangun dengan platform Baojun 530, sama dengan yang digunakan pada Almaz.
 
Mesin 2.0 liter berkode  LJM20A menjadi jantung Asta HEV. Dapur pacu 4 silindernya merupakan mesin Atkinson Cycle, dengan gelontoran daya murni 134 hp. Ketika dikombinasikan bareng kinerja motor listriknya, alhasil bakal terhimpun daya sebesar 174 hp dan torsi 320 Nm. Komentari kapan waktu peluncuran Almaz Hybrid, desas-desus yang ada mengabarkan kalau Wuling Almaz Hybrid akan meluncur Oktober ini.
 
Mengenai produksinya, dikutip dari salah satu sumber, kalau SUV hybrid ini sudah masuk lini produksi sekitar September 2022. Anggaplah jika itu benar, berarti sosok yang mejeng di pameran IEMS 2022 merupakan model yang siap dirilis dalam waktu dekat ini. 


(uda)