Mitsubishi New Pajero Sport Ditopang Ladder Frame, Apa Keunggulannya?

Mitsubishi New Pajero Sport Ditopang Ladder Frame, Apa Keunggulannya? (foto : IG - mitsubishimotors.id)
Mitsubishi New Pajero Sport Ditopang Ladder Frame, Apa Keunggulannya? (foto : IG - mitsubishimotors.id)

Autogear.id - Mitsubishi New Pajero Sport, sebuah model baru di kelas medium SUV, telah hadir dan dikenal baik oleh masyarakat Indonesia selama lebih dari 15 tahun.

Sejak awal kemunculannya, model kendaraan ini telah menjadi ikon yang digemari, sekaligus menjadi simbol kesuksesan bagi penggunanya.

Dikenal dengan desain dinamis, performa superior, fungsionalitas tinggi, juga ketangguhan maksimal. Hadir untuk mendefinisikan kembali konsep petualangan yang beragam.

Pajero Sport dikenal cocok untuk berbagai medan; on-road maupun off-road. Salah satu faktor penting Pajero Sport bisa kuat di berbagai kondisi, adalah penggunaan ‘Ladder Frame’ sebagai struktur rangkanya.

Diketahui, ladder frame merupakan struktur rangka yang bentuknya menyerupai tangga, dengan dua batang panjang, dihubungkan beberapa batang melintang.

Desain ini telah lama digunakan pada kendaraan-kendaraan yang membutuhkan daya tahan tinggi, seperti truk, SUV, dan mobil off-road.

Rancang bangun sistem ini dengan cara meletakkan bodi kendaraan di atas sasis, sehingga populer juga disebut dengan body on frame.

embed

Ladder frame dianggap sebagai rancang bangun paling fleksibel sampai kini. Mobil yang dibangun dengan rancangan seperti ini, puny banyak fungsi. Mulai dari mobil angkut hingga mobil mewah.

SUV Pajero Sport gunakan konstruksi ladder frame, untuk memberi kekuatan dan daya tahan ekstra, terutama saat menghadapi medan berat. Secara detail, kelebihan lain dari ladder frame adalah:

- Tangguh di medan berat. Ladder frame dirancang untuk menahan beban berat dan tekanan dari jalanan ekstrem. Seperti berbatu, lumpur, dan tanjakan terjal.

- Ground clearance tinggi. Ladder frame membuat Pajero Sport memiliki ground clearance tinggi. Memungkinkannya melewati medan tidak rata atau berat, tanpa mudah menyentuh permukaan jalan.

- Lebih mudah diperbaiki, karena bodi dan rangka terpisah. Kerusakan pada salah satunya tidak berarti harus memperbaiki keseluruhan kendaraan. Membuat proses perbaikan lebih cepat, dan biaya lebih rendah.

- Kenyamanan redaman. Dengan bodi dan sasis terpisah, ladder frame dapat meredam getaran lebih baik. Vibrasi dari pergerakan suspensi tidak banyak tersalurkan ke kabin, memberi kenyamanan lebih saat berkendara.

embed

- Tahan puntir. Ladder frame memiliki kekuatan torsi tinggi. Artinya lebih tahan terhadap puntiran saat kendaraan melintasi jalanan tidak rata. Sangat penting, untuk menjaga kestabilan mobil di medan off-road.

- Kemampuan angkut lebih baik. SUV dengan ladder frame seperti Pajero Sport umumnya punya kapasitas angkut dan kemampuan tarik lebih tinggi. Cocok untuk membawa barang berat, menarik trailer, atau bahkan digunakan untuk keperluan ekspedisi.

- Performa off-road lebih unggul. Pajero Sport dipadukan sistem penggerak 4x4 mumpuni. Jika digabung dengan ladder frame, hasilnya adalah performa off-road yang siap menaklukkan berbagai kondisi jalan.

Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan, orang selalu mempertanyakan mengenai kenyamanan ladder frame Pajero.

“Hebatnya, Pajero itu kan saudaraan sama (Mitsubishi) Triton. Jadi sebenarnya struktur sasis yang dibikin itu, strukturnya sekuat Triton,” terang Rifat dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu (23/10/ 2025).

“Mobil Mitsubishi Pajero diajak kemana saja, tidak perlu diragukan. Serunya Pajero itu kan banyak yang jual di 4x2. Artinya, mobil dengan ladder frame itu overspec. Tak perlu khawatir untuk perawatan dan lainnya, karena ini pasti kuat banget,” pungkasnya.


(uda)