Arus Mudik Lebaran 2022

Sokong Arus Mudik, KKP Siapkan Ambulans Motor di Merak

Ambulans motor ini disiapkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan agar arus mudik lancar dan pemudik tetap sehat. MetroTV - Sefrinal Putra
Ambulans motor ini disiapkan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan agar arus mudik lancar dan pemudik tetap sehat. MetroTV - Sefrinal Putra

Autogear.id - Salah satu kelebihan yang dimiliki kendaraan roda dua adalah mudah untuk melakukan mobilitas bagi pengendaranya. Tentu bukan rahasia lagi jika banyak pihak yang memanfaatkan keberadaan roda dua untuk membantu kelancaran arus mudik. 

Apalagi diperkirakan arus mudik lebaran tahun ini akan membeludak karena dicabutnya aturan larangan mudik yang terjadi dua tahun belakangan ini, akibat adanya pandemi covid-19. Dengan diperbolehkannya kembali mudik, masyarakat akan memanfaatkan momen ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga. 

Tentunya hal ini akan membuat arus lalu lintas menjadi padat serta terjadinya antrean di beberapa titik kemacetan ataupun areal kantong parkir yang biasanya sudah langganan sejak sebelum pandemi datang. Tentu hal ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri buat para pemudik yang mungkin punya penyakit khusus dan lain-lainnya.

Menyiasati kondisi tersebut dan dalam mendukung lancarnya aktivitas berlebaran, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II B Banten menyiapkan empat sepeda motor yang dikendarai paramedis. Tim paramedis ini akan beroperasi untuk memberikan pertolongan pertama kepada pemudik yang membutuhkan.

Baca Juga:
Power dan Top Speed Kalah, Quartararo Pesimis Juara Lagi di MotoGP 2022

Kepala KKP Kelas II Banten Ongky Sedya Dwi mengatakan ambulan motor yang kita siapkan sudah dilengkapi dengan alat emergency dan tabung oksigen. “Ambulan motor tersebut akan dioperasikan selama H-7 dan H+7, pengoperasiannya tidak hanya di pelabuhan Merak tapi juga di daerah Cikuasa sampai Cilegon,” ujar Ongky dalam keterangan persnya pada Senin (18/4/2022).

Sayangnya, Ongky tak menyebutkan berapa jumlah unit motor yang mereka turunkan untuk mobilitas tim medis ini. Namun jika dilihat dengan lebih detail, kendaraan yang diturunkan untuk mobilitas tim medis ini berjenis motor matic, yaitu Honda Vario 125 cc. Dilengkapi dengan wind screen, tentu ini akan membantu tim medis bisa bergerak cepat meski kondisi cuaca kadang tak bersahabat.

Diprediksi tim medis yang akan berpatroli akan berboncengan untuk satu motor dan mereka sudah dilengkapi dengan tas kecil yang memuat kebutuhan akan obat-obatan pertolongan pertama terhadap para pemudik. Termasuk toolkit medis untuk melakukan skrining kesehatan dan lainnya.  (StoryBuilder: MEF dan UDA)


(uda)