Energi Terbarukan

Pelajar Terbaik Honda 2022, Bikin Baterai dari Limbah Upacara Keagamaan

Siswa sekolah ini mengolah limbah dari upacara keagamaan, menjadi sebuah baterai. AHM
Siswa sekolah ini mengolah limbah dari upacara keagamaan, menjadi sebuah baterai. AHM

Autogear.id - Beragam ide dan karya khas anak muda cerdas terlahir dari program PT Astra Honda Motor (AHM) Best Student. Memberikan penghargaan pada puncak gelaran Astra Honda Motor Best Student (AHM Best Student) 2022 yang berlangsung akhir pekan ini. Program bagi siswa SMA multitalenta terbaik tahun ini mengedepankan kepedulian terhadap isu lingkungan dan sosial di wilayahnya.
 
Sehingga salah satu yang dihasilkan dari program tersebut adalah produk alternatif atas pemanfaatan limbah, hingga energi terbarukan. Memasuki pelaksanaan ke-20, AHM Best Student 2022 mengangkat tema ‘Berkreasi Menebar Inspirasi’, menyeleksi karya 622 siswa SMA sederajat dari seluruh Indonesia. Terdapat dua kategori karya yang dinilai pada ajang ini, yakni ide dan invensi/ temuan dengan topik Social Development Goals (SDG’s) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.
 
Penilaian juga dilakukan dengan melihat keaktifan siswa dalam kegiatan sosial hingga non akademik di sekolahnya. Berdasarkan seleksi berjenjang hingga tingkat nasional, AHM memberikan apresiasi tertinggi level Gold untuk ide terbaik, kepada Vania Halyadevi dari SMAN 3 Yogyakarta. Vania berupaya meningkatkan kesehatan pada balita, lewat ide pembuatan susu olahan dari biji kapuk yang berada di lingkungan sekitarnya.
 
Pada kategori invensi, Sekar Ayu Ramadhani dari SMAN 8 Malang, Jawa Timur berhasil meraih apresiasi tertinggi level Gold pula. Karya yang dihasilkannya adalah mesin pengering biji kopi dengan tenaga surya sebagai sumber energi penggerak sistem kerja mesin.

Baca Juga:
Pancing Pembeli, Calon SUV Honda Terbaru Diajak Keliling Jawa

 
Kinerjanya dapat memangkas waktu proses pengeringan menjadi hanya satu hari, dari sebelumnya 14 hari menggunakan tenaga matahari secara langsung. “Alhamdulillah karya saya meraih level Gold. Semoga bermanfaat untuk petani kopi di daerah kabupaten Malang, serta menjadi inspirasi masyarakat,” terang Sekar, Sabtu (24/09).   
 
Karya siswa SMA lain yang tak kalah menarik pada kategori ide dipersembahkan Ni Luh Ade Sinta Dewi, wakil dari SMAN Bali Mandara, Buleleng, Bali, peraih level Silver. Dia ajukan ide energi terbarukan, berupa pembuatan material baterai dari limbah kegiatan upacara keagamaan di wilayahnya.

Selain itu, Nafiz Zayyan Humam dari MAN 2 Kota Bogor, Jawa Barat, meraih level Bronze melalui ide pemanfaatan biomas sawit sebagai bahan pembuatan semikonduktor. Pada kategori invensi, Lu’lu’a Fauzia Nurdin siswa SMAN 1 Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah berhasil meraih apresiasi level Silver. Lu’lu’a mengusung tema Kesehatan, dengan temuannya berupa beras analog dari umbi porang dan tulang sotong.
 
Ardi dari SMKN 1 Suak Tapeh, Banyuasin, Sumatera Selatan mendapat level Bronze, karena karyanya memanfaatkan lemak sapi menjadi cairan biodesel, sabun batang dan cair. Melalui pemanfaatan alat rumah tangga sederhana. General Manager Coporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan, penyelengaraan AHM Best Student hingga dua dekade ini merupakan bukti konsistensi perusahaan menggali potensi SDM unggul berkarakter khas anak muda di Tanah Air.

Baca Juga:
Ada Pesan Cari Aman dari Astra IAABL untuk Pengguna Roda Dua

 
“Membawa tema kegiatan Care, Creative & Confident, perusahaan berusaha mengelaborasi sekaligus mengapresiasi karya-karya anak muda. Diharapkan bisa menginspirasi dan berkontribusi terhadap masyarakat dan lingkungannya,” ucapnya dalam Seminar Inspirasi dan Penghargaan AHM Best Student 2022 yang dihadiri lebih dari 16.107 orang secara virtual.
 
Gelaran tahunan kali ini dibuka sejak 11 Mei - 31 Juli 2022. Proses seleksi dilakukan berjenjang di level regional, lewat jaringan main dealer motor Honda di Indonesia. Adapun karya-karya terbaik AHM Best Student 2022 mendapatkan apresiasi beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp 72 juta.


(uda)