Rayakan Hari Jadi Ke-50, Porsche Turbo Pajang Mobil Hadiah Ulang Tahun

Rayakan hari jadi ke-50, Porsche Turbo menampilkan mobil klasik hadiah ulang tahun ke-70 putri Ferdinand Porsche - Porsche
Rayakan hari jadi ke-50, Porsche Turbo menampilkan mobil klasik hadiah ulang tahun ke-70 putri Ferdinand Porsche - Porsche

Autogear.id – Tahun ini pabrikan mobil sport Porsche Turbo akan merayakan hari jadi ke-50, mengusung tema “Beyond Performance - 50 Years of Porsche Turbo”. Menggelar pameran untuk para penggemar mobil klasik dan mobil sport, di Porsche Retro Classic, Stuttgart, 25 - 28 April 2024.

Pabrikan mobil sport tersebut akan menampilkan berbagai pilihan pameran luar biasa di sana. “Tahun ini kami merayakan ulang tahun ke-50 Turbo di Retro Classics. Tidak ada model lain yang mencerminkan dorongan inovatif perusahaan seperti turunan Turbo,” kata Direktur Porsche Heritage and Museum, Achim Stejskal.

Retro Classics, seolah selalu menjadi perjalanan yang melintasi waktu. Menghadirkan banyak penggemar mobil klasik dan mobil sport dari seluruh dunia, ke Stuttgart. Bagi Porsche, pameran dagang ini bukan sekadar “home game”. Melainkan agenda rutin dalam kalender acara tahunannya.

Tahun 1974, Porsche menghadirkan seri pertama 911 Turbo di Paris Motor Show. Sebuah teknologi yang bermigrasi dari motorsport, ke produksi seri dengan ciri khas gaya Porsche. “Kami sangat senang bisa menunjukkan kepada pengunjung kendaraan yang selalu terdepan pada masanya,” tukas Achim.

Sabtu, 27 April pukul 14.00, Thomas Krickelberg, Manajer Proyek lini model 911/718 di Porsche, Thomas Krickelberg, dan Kepala Arsip Perusahaan, Frank Jung, akan berbicara dengan pembalap Monegasque, serta Stéphane Ortelli jawara Le Mans, seputar Turbo.

Setelah itu, Ortelli yang memenangkan balapan 24 jam untuk Porsche dengan Porsche 911 GT1 pada tahun 1998 bersama rekan setimnya Laurent Aïello dan Allan McNish akan membagikan tanda tangan. Selain Turbo Talk, pengunjung pameran juga dapat mengikuti tur berpemandu dengan topik : 50 Tahun Turbo.

Hadiah Ulang Tahun Ke-70 Putri Ferdinand Porsche

Memasuki Stand A74 di Hall 1, perusahaan akan menampilkan 911 Turbo pertama, yang mengantarkan Porsche memasuki era baru. Model pertama dari jenisnya yang dipamerkan juga merupakan model satu kali, yakni Porsche 911 Turbo “No. 1”, yang diterima Louise Piëch sebagai hadiah ulang tahun ke-70 pada musim panas 1974.

Berbeda dengan model Turbo yang ditawarkan pabrikan sejak musim semi 1975, hadiah Piëch memiliki bodi sempit seperti 911 Carrera. Kap mobil sport berkekuatan 176 kW (240 PS) tersebut berlogo “Carrera”, bukan logo “Turbo”.

Untuk melihat pemandangan pegunungan Austria yang indah dalam warna yang nyata, putri Ferdinand Porsche tersebut menahan diri, untuk tidak mewarnai kaca depan. Lencana di kompartemen sarung tangan bertuliskan inisial LP, dan tulisan: Turbo-Porsche No. 1, Stuttgart-Zuffenhausen, 29 Agustus 1974.


(uda)