Mozarts 73 Sajikan Isu Keseharian Pengendara Motor Lewat Seni Rupa

Mozarts 73 sajikan isu keseharian pengendara motor lewat seni rupa - Mozarts 73
Mozarts 73 sajikan isu keseharian pengendara motor lewat seni rupa - Mozarts 73

Autogear.id – Otomotif, gaya hidup dan seni seiring waktu berjalan semakin berkorelasi erat. Dalam hal ini otomotif roda dua dan pameran seni rupa, sebagai sebuah kegiatan seni yang juga berhubungan dengan gaya hidup.

Ada sebuah pameran seni rupa, bertajuk “Motorcycle Experience-Gas Aja Dulu”, merupakan inisiasi dari Mozarts ’73, bekerja sama dengan House of Hustlers. Didukung oleh Goresan Jakarta (GORTA) dan Ikatan Alumni Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (ILUSI).

Dalam pelaksanaannya, pameran seni rupa ini merupakan kali kedua yang dihelat Mozarts’73, sebuah komunitas bermotor yang anggotanya adalah para mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ), dan terbentuk pada tahun 2001.

Sebelumnya di tahun 2009, pameran bertema KM73 diselenggarakan di ruang pamer kampus IKJ. Tak terasa, lima belas tahun sudah berlalu. Lantas, beberapa perupa yang merupakan peserta pameran sebelumnya, serta sebagian peserta baru menggagas acara ini.

Adapun untuk peserta pameran, seluruhnya merupakan alumni dan mahasiswa IKJ lintas generasi. Dimana karya mereka telah melewati proses kuratorial. Mozarts'73 kembali, dengan membawa semangat zaman penuh potensialitas dalam berkarya seni.

Yakni menghadirkan kajian budaya yang akrab dengan ragam istilah populer, budaya massa, subjek, objek, dan aneka isu kehidupan keseharian mereka yang punya hobi berkendara sepeda motor. Seperti berpenampilan nyentrik, keseruan dalam kebersamaan, berkesenian, dan berbudaya.

Ruang Bagi Seniman Cerita Berkendara Motor

Mengait tema “Gas Aja Dulu”, merupakan idiom yang sering digunakan para pengendara sepeda motor, dalam menunjukan keberanian dan spontanitas. Semangat para petualang menghadapi tantangan di perjalanan.

Pameran ini akan menjadi ruang bagi para seniman berbagi cerita dan pengalaman pribadi dengan sepeda motor. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Karya seni yang dihadirkan mengeksplorasi, bagaimana kendaraan ini mempengaruhi gaya hidup dan identitas individu.

Menurut Ketua Penyelenggara pameran seni rupa Motorcycle Experience-Gas Aja Dulu, Jimy Silaen, pameran ini bertujuan merayakan keberanian, spontanitas, dan semangat berpetualang melalui pengalaman berkendara roda dua.

“Menggabungkan berbagai aspek dari kehidupan sehari-hari, terkait dengan sepeda motor, pameran ini diharapkan dapat memberi pandangan mendalam dan beragam, bagaimana kendaraan ini mempengaruhi dan memperkaya kehidupan manusia,” jelasnya.

Dalam pameran ini, pengunjung akan diajak menjelajahi dunia yang penuh petualangan, keindahan, dan kebebasan, yang hanya dapat dirasakan di atas roda sepeda motor.

Cerita perjalanan dari para petualang kendaraan ini dapat menginspirasi, berdasarkan keberanian, spontanitas, dan kebebasan berkendara. Rangkaian kegiatan akan berlangsung 29 Februari - 29 Maret 2024, diawali pembukaan pameran, Kamis (29/2/2024), pukul 19.00 WIB.

Dimeriahkan “Yuyun Arfah & Pelantun Jiwa” Artist talks bersama NGOBRYLS Jimi x Malau. Lalu Dwi Prasetya, founder House of Customland Workshop yang akan menyelenggarakan Siluet [Didit Stovia], Stencil [Jawe Maxx], Airbrush [Wanto], Photography [Anton Apax] dan Gambar model [Indra Setiawan]. Seluruh acara dapat dihadiri masyarakat umum.


(uda)