GIIAS 2023

Pemanfaatan Energi Baru Jadi Bahasan Menarik GIAC 2023

GAIKINDO International Automotive Conferenca bahas soal solusi net zero emission sebagai masa depan otomotif Indonesia. SE
GAIKINDO International Automotive Conferenca bahas soal solusi net zero emission sebagai masa depan otomotif Indonesia. SE

Autogear.id - Setiap pelaksanaan pameran otomotif Gaikondo Indonesia International Auto Show (GIIAS), di momentum yang bersamaan pula Gaikindo merangkaikannya dengan acara seminar internasional yaitu Gaikindo International Automotive Conference (GIAC). Pada tahun 2023, GIAC yang digelar merupakan rangkaian yang ke-17 kalinya dalam 30 kali pelaksanaan pameran otomotif skala nasional yang berada di bawah Gaikindo. 

Mengangkat tema besar 'Towards Net Zero Emission Now', Gaikindo melihat ini jadi peluang besar industri otomotif di Indonesia kian aktif berperan agar kerusakan lingkungan tak lagi terjadi. Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah mengatakan bahwa tahun ini GIIAS mengusung tema Future Now yang dimaksud untuk menunjukkan Green Future Technology pada pameran yang diselenggarakan ke-30 kalinya ini. 

”Sejalan dengan tema GIIAS, Towards Net Zero Emission Now dipilih sebagai tema pada penyelenggaraan konferensi kali ini yang akan menghadirkan pembicara internasional ternama dari industri otomotif,” ujar Rizwan Alamsjah dalam sambutannya pada pelaksanaan GIAC, Selasa, 15 Agustus 2023.

Rizwan menambahkan bahwa pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon yang telah disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada COP21 di Paris dan COP26 di Glasgow. ”Untuk mendukung upaya pengurangan emisi di Indonesia, sektor otomotif memiliki kontribusi yang signifikan dalam mencapai tujuan akhir dari Net Zero Emission. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama yang konkrit antara pemangku kepentingan, kebijakan pemerintah, dukungan prinsipal, ketersediaan infrastruktur dan energi,” tutur Rizwan.

Baca Juga:
Wow, Omoda 5 Bikin Kepincut Seleb Cantik Natasha Wilona!

Pada pelaksanaan The 17th GIAC juga dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama sebagai keynote speaker. Dalam sambutannya, Basuki menyampaikan rasa bangganya kepada industri otomotif atas pencapaian ekspor pada tahun 2022. 

"Industri otomotif sangat tahu apa yang diinginkan masyarakat. Kami sangat bangga terhadap industri otomotif atas capaian ekspor yang mencapai hampir 500.000 dan hanya mengimpor sebanyak 80.000 dari yang kendaraan yang diproduksi sejumlah 1,2 juta,” tutur Basuki.

Di akhir sambutannya, Basuki mengajak industri otomotif untuk bekerjasama membuat negara Indonesia semakin besar. ”Pada kesempatan hari ini, mari kita bersama-sama industri otomotif melakukan pekerjaan kita untuk dapat membuat negara ini menjadi lebih besar,” tutup Basuki.

Komparasi Pemanfaatan Teknologi Ramah Lingkungan
Dalam pelaksanaan GIAC yang ke-17 kali ini, Agricultural Attache Embassy of Brazil, Bruno Breitenbach, menjelaskan bahwa di Brazil pemanfaatan ethanol sebagai bahan bakar, sudah berjalan. Namun, untuk Indonesia, pemenuhan bahan bakar ethanol dinilai akan menghadapi tantangan besar.

Baca Juga:
GIIAS 2023 Jadi Saksi Indonesia Premier Seres E1 Seharga Rp189 Jutaan

Dari sisi industri otomotif di Indonesia, Direktur Production Logistic Control & Technical Directorate, Government Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Widjanarko menegaskan bahwa Toyota sudah siap dengan ragam solusi untuk mencapai program emisi karbon rendah. 

"Contoh paling konkrit yang saat ini dilakukan bukan hanya produksi ragam kendaraan dengan berbagai platform, namun juga pemanfaatan energi yang minim menggunakan energi dari pembangkit. Melainkan penggunaan pola aliran yang natural seperti gaya gravitasi, sehingga bisa menghemat penggunaan energi yang besar di pabrik Kami,” ujar Widjanarko.

GIIAS Dihiasi Beraneka Kendaraan Ramah Lingkungan
Salah satu hal yang menarik di pameran otomotif GIIAS 2023 adalah kendaraan ramah lingkungan yang didominasi kendaraan listrik, pilihannya lebih banyak. Jika pada tahun-tahun sebelumnya hanya ada beberapa tipe kendaraan listrik di Indonesia, saat ini tipenya lebih banyak. Pengunjung diharapkan tidak ketinggalan keseruan produk terbaru mobil-mobil ramah lingkungan dan teknologinya di GIIAS 2023.

Bagi pencinta otomotif yang ingin melihat serunya pameran otomotif skala dunia ini dapat membeli tiket masuk secara online melalui aplikasi Auto360 dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 50.000,- dan weekends (Sabtu-Minggu) Rp 100.000,- serta khusus pada tanggal 17 Agustus 2023, tiket GIIAS 2023 dijual secara online seharga Rp 78.000,-. 

Baca Juga:
Armor All, Autogard dan California Scent Bawa Inovasi Baru di GIIAS 2023

GIIAS 2023 juga menyediakan penjualan tiket masuk secara onsite pada area pameran dengan harga weekdays (Senin-Jumat) Rp 70.000,- dan weekends (Sabtu-Minggu) serta tanggal 17 Agustus 2023 seharga Rp 120.000,-.

Rangkaian pameran GIIAS 2023 The Series akan berlangsung pada empat kota di pulau Jawa, GIIAS Tangerang, 10 – 20 Agustus 2023 mengambil tempat di ICE – BSD City. Kemudian dilanjutkan berturut-turut penyelenggaraan GIIAS di Surabaya pada 20 – 24 September 2023, di Grand City Convex, Semarang pada 18 – 22 Oktober 2023, di Marina Convention Center, dan ditutup dengan pelaksanaan GIIAS dikota baru, GIIAS Bandung pada 22 – 26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom.


(uda)