Honda Motor Gelar Pelatihan Safety Riding untuk Skuad PMI

Honda Motor menggelar pelatihan safety riding untuk skuad PMI - DAM
Honda Motor menggelar pelatihan safety riding untuk skuad PMI - DAM

Autogear.id – Keselamatan berkendara harus menjangkau semua lapisan, tanpa terkecuali para petugas Palang Merah Indonesia (PMI). Seperti dilakukan PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat (Jabar). Mereka menggelar pelatihan safety riding untuk PMI Kota Cimahi, di fasilitas Safety Riding Center DAM, Bandung, Jabar, beberapa waktu lalu.

Wujud nyata Sinergi Bagi Negeri, antara DAM, PMI Kota Cimahi beserta PT Astra Honda Motor (AHM) dalam upaya meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara di Indonesia. Sedikitnya 20 anggota PMI mendapat pembekalan dari tim Instruktur Safety Riding DAM, mengenai teknik berkendara yang baik dan benar.

Materi yang diberikan kepada para tenaga medis ini, berupa teori dasar berkendara dan touring. Kemudian dilanjutkan sesi praktik safety riding, yang mencakup di dalamnya simulasi berkendara di jalan raya, dengan potensi bahaya yang mungkin muncul secara tiba-tiba. 

Selain itu semua, pelatihan ini juga lebih menekankan etika berkendara di jalan raya kepada semua peserta. Dimana secara lingkup luas, tujuannya adalah menjadikan anggota PMI Kota Cimahi sebagai pelopor keselamatan berkendara di jalan raya.

Safety Riding Development Section Head PT DAM, Ludhy Kusuma mengatakan, setiap pengendara wajib memahami teknik dasar mengendalikan sepeda motor. Harus mematuhi undang-undang lalu lintas, dan menjaga etika dalam berkendara sehari-hari saat pergi ke mana pun.

“Semoga lewat kegiatan pelatihan ini, mereka akan menjadi contoh yang baik dalam berkendara dan menjadi pelopor keselamatan di jalan raya. Besar harapan, semangat keselamatan yang ditanamkan dalam pelatihan ini dapat menjadi inspirasi banyak orang, untuk mengutamakan keselamatan dalam setiap perjalanan,” ujarnya.

Apalagi bisa dikatakan, para peserta yang notabene merupakan anggota PMI kota Cimahi dapat menjadi representasi dari para pengendara yang setiap hari menggunakan motor. Khususnya dapat melakukan aksi cepat tanggap, ketika ada seseorang yang mengalami kecelakaan atau terluka yang butuh respon cepat dari anggota PMI tersebut.

“Sudah menjadi sebuah keharusan bagi kami, selaku main dealer motor Honda wilayah Jabar. Untuk ikut berkontribusi dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan semacam ini,” ucap Ludhy penuh semangat.

Hingga saat ini AHM bersama jaringan motor Honda di seluruh Indonesia turut memperkuat kampanye keselamatan berkendara, ke seluruh lapisan masyarakat. “Cari Aman” sendiri merupakan bentuk kampanye keselamatan berkendara yang diusung AHM. Dalam upaya menyuguhkan perspektif baru bagi generasi muda, untuk ikut berkontribusi pada kampanye keselamatan berkendara di Indonesia.


(uda)