Empat Hari Penuh Suka Cita di Vespa World Days Pontedera

Empat hari penuh suka cita di Vespa World Days 2024 Pontedera - Piaggio Indonesia
Empat hari penuh suka cita di Vespa World Days 2024 Pontedera - Piaggio Indonesia

Autogear.id – Pontedera, Pisa, Italia menjadi lokasi penyelenggaraan acara tahunan Vespa World Days (18-21/04/2024). Sebuah kota asal, sekaligus lokasi fasilitas manufaktur Vespa sejak 1946. Acara ini diklaim menjadi salah satu yang termegah, dalam 70 tahun sejarah parade yang pertama kali berlangsung pada 1954 di Paris.

Para penggemar datang dari berbagai negara, mewakili ribuan Vespa Club. Dari Italia saja diperkirakan hadir 660 klub. Sedangkan partisipan lain berasal dari Australia, Kanada, Jepang, Amerika Serikat, Arab Saudi, Vietnam, Filipina, Tiongkok, Pakistan, Argentina, Cile, Kolombia, Ekuador, Hongkong, Indonesia, Kuwait, Maroko, dan sejumlah negara di Eropa.

Sedikitnya 8000 lebih tiket terjual habis dalam sekejap, untuk Parade hari Sabtu (20/04/2024). Dimana menjadi kegiatan paling spektakuler dari rangkaian acara, melewati berbagai tempat terindah di Valdera. Menyajikan pemandangan luar biasa membentang lebih dari 10 Km.

Selama Vespa World Days, Piaggio Museum di Pontedera juga merayakan 140 tahun Piaggio berdiri sejak 1884. Menggelar pameran bertajuk “Vespa all over the World”, dipadati material orisinal spektakuler dari Piaggio Historical Archive. Menampilkan kisah Vespa dalam menjangkau berbagai penjuru dunia, termasuk sejarah awal dari terkenalnya Vespa di dunia pada akhir 1940-an hingga 1960-an.

Lewat rekonstruksi jalur perakitan global, serta dukungan para kolektor yang meminjamkan model-model orisinal sangat langka, yang diproduksi dan dipasarkan di seluruh dunia. Setiap objek pameran menceritakan kisah dari ribuan jalan yang dilalui Vespa, dirakit dan dijual di setiap benua.

Area auditorium pada museum juga menjadi tempat Meet & Greet para penggemar Vespa. Untuk menyimak sejarah dan asal-usul Vespa, langsung dari pihak-pihak yang berperan dalam mendesain dan memproduksinya.

Pabrik Piaggio sangat modern di mana Vespa lahir juga dibuka untuk umum, Sabtu dan Minggu (20-21/04/2024). Tak kurang 128 tur khusus dengan kereta listrik dilakukan buat para penggemar yang telah mendaftar pada kegiatan tersebut.

Selama empat hari berlangsungnya acara, Vespa Village di Piazza del Mercato di Pontedera, menjadi pusat dari seluruh aktivitas. Di sini, pengunjung dapat menemukan area kuliner serta berbagai eksibisi. Termasuk pameran resmi Vespa yang memajang seluruh jajaran produk dan toko cenderamata.

Para Vespisti dan pengunjung juga berkumpul dalam semangat Vespa Clubs, sewaktu Vespa Rally dimulai. Vespa Village ikut menyediakan area khusus untuk dukungan teknis dan toko suku cadang resmi.

Selain itu juga test ride serta penyerahan 250 sertifikat keaslian edisi terbatas untuk acara ini. Tak lupa, turut berlangsung Concorso di Eleganza, salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di Vespa World Days.

Minggu, 21 April, Vespa Village menyerahkan hadiah bagi para pemenang Vespa Trophy, sebuah tourist trophy yang begitu diidamkan. Dimana para anggota Vespa Club ditantang bertanding dalam mengabadikan semua tahapan perjalanan ke Pontedera, dengan foto dan perangko khusus yang disusun di dalam Travel Book.

Sepanjang rangkaian acara, Vespa Boutique juga buka di Piazza Martiri della Libertà, pusat kota yang menjual lini pakaian baru eksklusif dari Vespa capsule collection.


(uda)