Mobil Baru

New Civic Type R Pecahkan Rekor Mobil FWD Tercepat di Nurburgring

Honda Civic Type R terbaru kembali pecahkan rekor tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Honda
Honda Civic Type R terbaru kembali pecahkan rekor tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Honda

Autogear.id – All New Honda Civic Type R kembali pecahkan rekor sebagai mobil berpenggerak roda depan (FWD) tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman. Generasi terbaru (FL5) ini berhasil mencatatkan waktu 7 menit 44.881 detik, pada pengujian yang dilakukan di sirkuit sepanjang 20,8 kilometer itu.

Rekor catatan waktu juga pernah ditorehkan generasi sebelumnya, di sirkuit yang sama pada tahun 2017 lalu. Selain itu pada tahun 2022, model ini juga telah berhasil mencatatkan rekor mobil FWD tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang. Kantongi catatan waktu 2 menit 23,120 detik.

Generasi terbaru dari varian ini sendiri pertama kali diluncurkan di Jepang, September 2022. Pihak Honda mengklaim, mobil ini langsung disambut antusias para penggemarnya di seluruh dunia. Pada akhir Maret 2023, model ini diluncurkan di Indonesia. Membawa konsep desain Ultimate Sport 2.0, serta mesin bertenaga terbesar. Alasannya, mengejar performa dari mobil balap.

Honda juga mengatakan, tipe ini merupakan model Civic tercepat yang pernah mereka buat. Produk generasi terbaru memboyong mesin 2.0 liter VTEC Turbo bertenaga maksimum 319 PS, dan torsi maksimum 420 Nm.

Baca Juga:
Yuk Kenali Jenis Suspensi pada Buritan Motor

Honda Civic Type R Development Leader, Hideki Kakinuma menyampaikan, mengusung konsep Ultimate Sport 2.0 mereka mengembangkan model ini. Mengacu pada prestasi yang diraih generasi sebelumnya. 

“Kami yakin mobil ini satu-satunya FWD sports car yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai dasar perusahaan,” ujarnya. Antara lain lewat rekor lap tercepat untuk mobil FWD sports car di sirkuit Nurburgring, Jerman, enam tahun lalu dan yang baru saja.

“Semoga konsumen dan para calon konsumen kami dapat menikmati kendaraan ini dengan rasa bangga,” pungkasnya.


(uda)