Suzuki Fronx Pakai Cara Jitu Siasati Persaingan yang Kian Kompetitif

Suzuki Fronx Pakai Cara Jitu Siasati Persaingan yang Kian Kompetitif
Suzuki Fronx Pakai Cara Jitu Siasati Persaingan yang Kian Kompetitif

Autogear.id – Suzuki Fronx tampil percaya diri, siap melenggang di tengah pasar, berkalung harga yang kompetitif. Dimana terkait harga on the road Jabodetabek, untuk tipe paling bawah Fronx GL M/T yaitu Rp249 juta. Sedangkan tipe paling atas, yakni SGX A/T dibanderol harga Rp309,9 juta.

Harga tersebut merupakan harga resmi, setelah mendapat potongan harga pada program khusus, yang digelar sejak 28 Mei hingga September 2025 senilai Rp10 juta, untuk semua tipe di seluruh wilayah Indonesia.

Suzuki sendiri menawarkan tiga pilihan tipe Fronx, sesuai preferensi maupun kebutuhan para calon pelanggan, yaitu GL, GX dan SGX. Dalam hal ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menargetkan penjualan Fronx sebanyak 2000 unit per bulan.

“Kami bangga memperkenalkan produk baru, Suzuki Fronx. Bukan sekadar mobil baru, ini adalah babak baru bagi Suzuki di Indonesia. Kami menargetkan penjualan Fronx sebanyak 2000 unit per bulan,” ungkap President Director PT SIS & PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Minoru Amano, di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (28/5/2025).

embed

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Deputy 4W Sales & Marketing Managing Director PT SIS, Dony Ismi Saputra menyampaikan, lantaran Fronx terdiri dari beberapa tipe, maka pembagian dari 2000 unit tersebut adalah untuk periode awal, pemasaran tipe tertinggi SGX sebesar 60 persen. Sisanya GX dan GL, yang masing-masing 20 persen.

“Setelah selesai periode awal, selanjutnya kami proyeksikan penjualan untuk tipe SGX sebesar 40 persen, sisanya tipe GX dan GL yang masing-masing di angka 30 persen,” jelas Dony yang juga mengungkapkan, bahwasanya Fronx memiliki strategi penjualan tersendiri.

Menyikapi Persaingan di Tengah Pasar

Untuk menyiasati persaingan yang kian kompetitif, selain memiliki harga bersaing, diperkuat potongan harga khusus untuk calon pemilik pertama sebesar Rp10 juta sejak Mei sampai September 2025. Ternyata Suzuki Fronx juga menerapkan strategi lain, untuk semakin mendekatkan diri kepada calon konsumen.

embed

Dijelaskan Dony, Suzuki sudah membangun awareness dengan memajang rangka Fronx pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2025. “Jadi sejak Feburari kami sudah spill, jauh-jauh hari kami lakukan strategi pengenalan Fronx,” ulas Dony.

Lanjut petinggi PT SIS ini, kalau dilihat lagi secara detail, selama Februari sampai Mei terdapat sejumlah teaser yang Suzuki sebarkan terkait Fronx. “Sebelum diluncurkan secara resmi, lengkap dengan harganya, kami juga sudah lakukan teaser di reklame maupun website resmi Suzuki,” kata Dony.

Kemudian selama bulan Mei, Suzuki sudah mulai mendisplay di 11 titik, di mal-mal, agar masyarakat bisa mengetahui lebih jauh tentang Fronx.

“Mulai Juni kami akan melakukan pameran di beberapa kota. Terdapat 50 lokasi pameran untuk mensosialisasikan Fronx kepada masyarakat. Semoga kehadiran Fronx dapat berkontribusi kepada industri otomotif dan perekonomian Indonesia,” tukas Dony yang juga mengatakan untuk fokus penjualan Fronx, 50 persen di Jabodetabek dan 50 persen di luar Jabodetabek.


(uda)