Ultah ke-8 Wuling, Sukses Ubah Peta Industri Otomotif di Indonesia

Wuling Motors rayakan ultah ke-8 di pabriknya di Cikarang. WM
Wuling Motors rayakan ultah ke-8 di pabriknya di Cikarang. WM

Autogear.id - Wuling Motors dikenal sebagai brand otomotif asal Tiongkok yang berhasil mengubah imej mobil Cina menjadi sebuah merek yang mendapat pujian. Tepat di tanggal yang sama pada 2017 silam, mereka membangun pabriknya dengan komitmen yang sangat besar. 

Melihat pasar otomotif di Indonesia yang sangat potensial hingga akhirnya mereka menjadi salah satu brand yang sangat diperhitungkan. Hari ini Jumat (11/7/2025) mereka merayakan hari jadinya yang ke-8 di pabrik Cikarang, dengan membawa semangat ‘Dibangun di Indonesia, untuk Anda’. 

Perayaan ulang tahun kali ini diwarnai dengan beragam pencapaian dan juga apresiasi kepada pihak pihak yang turut berkontribusi dalam perjalanan Wuling hingga saat ini. President Director Wuling Motors, Tang Wensheng mengungkapkan bahwa dalam 8 tahun ini, semua pencapaian mereka tidak lepas dari kerja keras serta dedikasi dari timnya. 

"Perhatian serta dukungan dari pemerintah Indonesia, dan juga kepercayaan dari lebih dari 160 ribu pengguna dan mitra Kami adalah faktor penentu kesuksesannya. Atas nama brand ini, Saya ingin menyampaikan rasa hormat yang setinggi-tingginya buat semua pihak yang mengapresiasi brand Kami,” kata Tang Wensheng.

Baca Juga:
GIIAS 2025 Ajak Beli Tiket Online Lebih Awal, Hindari Antrean Mengular

Perjalanan merek dengan logo 5 berlian ini di Indonesia bermula saat peresmian fasilitas pabrik pada bulan Juli tahun 2017. Dalam kurun waktu tersebut, mereka telah tumbuh menjadi salah satu pemain penting dalam industri otomotif nasional. 

Mengingat mereka telah membangun fasilitas produksi seluas 60 hektar di Cikarang yang didukung oleh 1.000 talenta lokal di semua lini pengoperarian, selain sistem rantai pasokan lokal yang kuat serta ekosistem penjualan dan layanan purnajual yang menyeluruh. 

Hingga kini, Wuling telah memproduksi lebih dari 167.000 unit mobil dan menjadi produsen otomotif Tiongkok pertama yang memiliki perakitan baterai mobil listrik secara lokal. Untuk kapasitas purna jual, mereka didukung 150 diler di seluruh Indonesia untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat ke produk dan layanan.

Saat ini, terdapat total 9 model kendaraan, yang mencakup 4 produk berbasis ICE, 1 produk hybrid, dan 4 produk EV. Seluruh produk tersebut diproduksi di Indonesia dan untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat yang beragam. 

Baca Juga:
Bengkel Khusus Matic Ini Tawarkan Tiga 'Riding Nyaman' dan Endoskopi

Apabila diakumulasikan hingga pertengahan tahun ini mereka sudah dipercaya lebih dari 160.000 konsumen Indonesia dan juga diminati oleh 18 negara dengan setir kanan yang apabila dikalkulasikan telah ada lebih dari 6.800 unit kendaraan yang diekspor.

Selain itu, mereka juga mengapresiasi karyawan berprestasi dan mengumumkan tercapainya program CSR bertajuk '10.000 Pohon untuk Indonesia” yang dilakukan sebagai pemenuhan janji yang telah dibuat sejak tahun 2017. 

Sepanjang perjalanannya Wuling telah menjalankan CSR berbasis tiga pilar utama yaitu pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dalam rangka mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Wuling Indonesia akan terus berpegang pada prinsip ‘Dibangun di Indonesia, untuk Anda’ dan berkomitmen memberikan produk dan layanan yang lebih baik lagi bagi para pengguna. Bersama seluruh karyawan dan semua anggota keluarga besar Wuling, kami telah membangun platform luas untuk tumbuh dan berkembang bersama,” tambah Tang Wensheng.


(uda)