Mitsubishi Destinator, Layak Diajak Destinasi Kemana Saja

Mitsubishi Destinator, Layak Diajak Destinasi Kemana Saja
Mitsubishi Destinator, Layak Diajak Destinasi Kemana Saja

Autogear.id – Tidak salah kiranya Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Destinator, tepat sebelum ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025. Pasalnya, SUV 7-seater tersebut langsung menjadi magnet bagi pengunjung pameran ini.

Bukan hanya pengunjung yang tergolong ‘Rojali’ dan ‘Rohana’, melainkan mereka yang memang benar-benar menginginkan Destinator terparkir dengan apik di garasi rumahnya.

Ketika berkesempatan menjajalnya sekilas, berkeliling kawasan BSD City, di sela-sela gelaran GIIAS 2025 yang padat agenda, Rabu (30/7/2025).

Tampilan Gagah dan Elegan

Kesan pertama yang terlihat dari Destinator adalah tampilan luarnya yang gagah, tapi tergolong ‘manis’. Manis di sini boleh dibilang tampak gagah, macho, dan elegan, tidak kelihatan terlalu kekar dan jangkung.

Eksteriornya memang khas mobil SUV, yang sepertinya siap diajak main off-road kelas menengah. Ground clearance 214mm, atau 244mm tanpa penutup bawah.

embed

Velg ukuran 18 inci dan tapak ban lebar, roda diameter gede, dibingkai fender flare depan dan belakang yang kokoh. Gambarkan ketangguhan dan performa bertenaga, yang diharapkan penggunanya.

Tampilan depan sekilas menyerupai Xforce, sampai ada yang bilang Destinator ini ibarat Xforce ditarik panjang ke belakang. Membawa konsep desain Dynamic Shield, menonjolkan performa kendaraan kuat dan protektif.

Gril depannya terintegrasi mulus dengan bumper kiri dan kanan. Gril, lampu-lampu, dan bumper dirancang dengan elemen horizontal dan vertikal yang kuat.

Kelihatan juga gril-nya memiliki desain berlapis, kisi-kisi bagian dalam berpola sarang lebah. Diimbuhi permukaan akrilik transparan di atasnya, mirip tampilan tiga dimensi.

Intip bagian belakang, untuk menonjolkan kemampuan Destinator sebagai SUV tangguh, desainnya pamerkan konsep Hexaguard Horizon.

Kabarnya ini terinspirasi oleh posisi ban cadangan di bagian belakang Mitsubishi Pajero yang legendaris. Untuk pintu bagasi pun lumayan praktis, tetap kokoh dengan desain berani.

embed

Daytime running light LED berbentuk T, lampu belakang dirancang  mencuatkan profil lebar. Kalau dilihat keseluruhan orientasi vertikalnya, jelaskan kestabilan dan karakter solid dari mobil berkisaran harga on the road Jakarta mulai dari Rp385 juta - Rp465 juta, dengan tiga varian GLS, Exceed, dan Ultimate ini.

Kabin Mewah dan ‘User Friendly’

Masuk ke dalam kabinnya, duduk di kursi pengemudi terasa tinggi, membantu visibilitas pandangan ke luar melalui kaca depan. Mengendarainya takkan merasa terintimidasi kendaraan lain di sekitar, yang berpostur lebih tinggi, seperti truk atau bus.

Seorang jurnalis, Ricky, yang berkesempatan mengemudi Destinator mengatakan, posisi kursi pengemudi dan handling nyaman. Fitur-fitur yang terpampang di panel instrumen, yang mengintegrasikan SDA 12,3 inci dan layar pengemudi tampilan monolitik, tergolong ‘user friendly’.

“Selain itu informasi seputar Destinator pada layar pengemudi digital 8 inci jelas tersampaikan. Saya rasa, pengemudi perempuan juga aman dan tak canggung mengendarai mobil ini,” jelas lelaki ramping dengan tinggi badan 166 cm.

Kesan elegan dan premium terlihat dari keseluruhan tampilan kabin Destinator. Kursi jok empuk nan mewah, menyatu dengan seperangkat fitur yang ada. Seperti fitur Hand Rest di kursi baris kedua, penyejuk kabin di semua baris, lapisan dinding kabin dan dashboard premium, hingga Panoramic Sunroof pada tipe Ultimate.

embed

Posisi duduk terasa lapang, terutama pada baris kedua. Untuk kursi baris ketiga, bagi penumpang setinggi 170 cm masih relatif aman. Tersisa jarak sekitar 10 cm antara kepala dengan plafonnya. Lutut juga dalam posisi duduk yang nyaman, tidak bersentuhan dengan jok di baris kedua.

Cocok Buat Destinasi Kemana Saja

Menjajal performa di jalan raya, Destinator memang layak buat diajak destinasi kemana saja. Melibas jalan mulus maupun tidak rata, tanpa keraguan. Mode berkendara yang tersedia, hingga setingan Sport-nya sempat dicoba, seru rasanya!

Meliuk-liuk di antara kendaraan yang lalu-lalang, di sejumlah ruas jalan sekitar ICE BSD City, Tangerang saat sesi uji kendara, rasanya pede saja. Bantingan suspensi tidak ada kendala berarti. Para penumpang di baris kedua dan ketiga tetap nyaman, tak ada keluhan mual dan perut mulas.

Jelas, Destinator sangat layak untuk masuk kategori SUV pilihan. Sayangnya, lokasi dan waktu uji kendara terbatas. Mungkin berikutnya bisa dicoba lagi, dengan rute lebih jauh dan waktu lebih lama. Agar dapat dioptimalkan merasakan semua fitur yang ada di dalamnya.


(uda)