Autogear.id - Daimler Truck AG, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation, Hino Motors Ltd., serta Toyota Motor Corporation (TMC), secara resmi menandatangani perjanjian final merger Mitsubishi Fuso dan Hino.
Dalam momen tersebut, Daimler Truck AG diwakili Presiden dan CEO Karin Rådström, serta Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation diwakili Presiden dan CEO Karl Deppen.
Sedangkan Hino Motors Ltd., diwakili Presiden dan CEO Satoshi Ogiso, serta Toyota Motor Corporation diwakili Presiden dan CEO Koji Sato. Pokok-pokok kesepakatannya, antara lain:
1. Fuso dan Hino bergabung setara, bekerja sama dalam pengembangan, pengadaan, dan produksi kendaraan niaga
2. Perusahaan holding baru hasil merger direncanakan mulai beroperasi pada April 2026
3. Daimler Truck dan Toyota masing-masing akan memiliki 25 persen saham di perusahaan holding tersebut
4. Holding company akan memiliki 100 persen saham Mitsubishi Fuso dan Hino.
5. Direncanakan untuk mencatatkan perusahaan ini di Prime Market Bursa Saham Tokyo
6. Untuk CEO holding company ditunjuk Karl Deppen
7. Alamat kantor pusat di Tokyo, Jepang
Detail lebih lanjut, termasuk nama resmi perusahaan holding ini, diumumkan dalam beberapa bulan ke depan. Masih menunggu persetujuan dari dewan direksi, pemegang saham, dan otoritas terkait.
Kesepakatan Wujudkan Visi Bersama
Dalam pelaksanaannya, kendaraan niaga memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, berupa mobilitas penumpang dan barang, serta telah menjadi bagian penting dari infrastruktur sosial.
Merger ini lahir dari tekad empat perusahaan, menciptakan masa depan mobilitas niaga yang lebih baik. Mewujudkan masyarakat lebih sejahtera, melalui mobilitas berkelanjutan.
Melalui merger Mitsubishi Fuso dan Hino, para pihak berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional, mulai dari pengembangan hingga produksi.
Sekaligus memperkuat daya saing industri kendaraan niaga Jepang, dan memperkokoh fondasi industri otomotif di kawasan Asia.
Holding company baru ini akan menjadi kontributor penting bagi pelanggan dan industri otomotif secara global. Fokusnya meliputi dekarbonisasi, efisiensi logistik, dan pengembangan teknologi masa depan. Seperti CASE (Connected, Autonomous, Shared, Electric), termasuk teknologi hidrogen.
CEO Daimler Truck, Karin Rådström mengatakan, integrasi Mitsubishi Fuso dan Hino adalah langkah bersejarah. Dua kekuatan besar bersatu hadirkan solusi transportasi rendah karbon.
“Skala adalah kunci dalam transformasi teknologi industri ini. Kami percaya kepemimpinan Karl Deppen bakal membawa perusahaan baru ini ke level selanjutnya,” jelas Karin.
Sementara itu CEO Mitsubishi Fuso & CEO terpilih holding company, Karl Deppen mengakui momen penting bagi semua pemangku kepentingan.
“Menyatukan kekuatan, merek, dan keahlian, kami siap mendukung pelanggan dengan lebih baik. Saya merasa terhormat dipercaya memimpin perusahaan baru ini,” akunya.
Adapun CEO Hino Satoshi Ogiso menyampaikan, kolaborasi ini adalah kesempatan langka. Selain sinergi operasional, mereka percaya ada nilai besar dari penyatuan budaya yang berbeda.
“Dengan membawa semangat yang sama, kami siap membentuk tim yang kuat dan berkontribusi positif bagi masyarakat luas,” pungkasnya.
(uda)