Regulasi Bahan Bakar

UD Trucks Indonesia Siap Dukung B35 Lewat Quester Euro 5

UD TRucks konsen dengan emisi gas buang dan kini siap dengan regulasi Euro 5. UD Trucks
UD TRucks konsen dengan emisi gas buang dan kini siap dengan regulasi Euro 5. UD Trucks

Autogear.id – UD Trucks Indonesia sebagai perusahaan truk komersial yang berbasis di Jepang, sejak Februari 2023 ini ikut mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam menerapkan biodiesel B35. Apa yang dilakukan UD Trucks merupakan bagian dari komitmen mengatasi dampak perubahan iklim. Seperti yang tertuang dalam Pertemuan Tahunan Conference of the Parties (COP)-27 UNFCCC di Mesir. 

Adapun persiapan ini sebenarnya telah dilakukan UD Trucks sejak bulan Maret tahun lalu. Melalui peluncuran produk Quester berstandar emisi Euro 5. Diungkapkan oleh Vice President PT UD Astra Motor Indonesia, Rahmat Samulo terkait upaya UD Trucks dalam menggunakan bahan bakar diesel ini.

"Indonesia menjadi negara pertama untuk mengadaptasi program B35, dengan tujuan untuk mengatasi dampak perubahan iklim. Sejalan dengan moto kami di UD Trucks untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi planet, masyarakat dan logistic,” terangnya.

Karena itu,  UD Trucks telah mempersiapkan produk Quester Euro 5 yang dapat memenuhi standar B35 ini sejak tahun lalu. “Kami yakin para pelanggan UD Trucks dapat terus menggunakan produk kami untuk bisnis mereka,” ungkap Samulo.

Baca Juga:
Helm Karya Pelajar ini, Punya Banyak Fungsi Lho!

Selain dapat menggunakan bahan bakar B35, Quester Euro 5 didesain sesuai dengan standar emisi Euro 5 yang menggunakan teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Sistem SCR tersebut memastikan emisi gas buang yang lebih rendah, dengan meminimalkan nitrogen oksida (NOX). Teknologi ini dapat menggunakan bahan bakar diesel B35, sambil tetap mempertahankan emisi gas buang.

Lantaran pengolahan gas buang dilakukan di saluran pembuangan yaitu melalui Catalytic Converter yang mengubah NOX menjadi gas nitrogen dan uap air, dengan menyuntikkan cairan AdBlue® ke dalam gas buang. Dengan teknologi tersebut, performa dan efisiensi mesin akan tetap sama karena semua komponen tambahan hanya bekerja setelah gas buang keluar dari mesin. 

Indikator AdBlue® dapat dilihat pada instrumen kluster kendaraan, sehingga pengguna dapat dengan mudah memantau jumlah AdBlue® pada kendaraan saat beroperasi. Marketing and Business Development Head UD Astra Motor Indonesia, Christine Arifin menekankan, dilandasi empat pondasi utama UD Trucks, Gemba Spirit, yang berarti perbaikan terus-menerus, Excel on the Essentials, Smart and Modern, serta Ultimate Dependability.

“Kami percaya peluncuran lini produk Quester berstandar emisi Euro 5 akan dapat mengadaptasi perkembangan yang dilakukan saat ini, melalui penggunaan bahan bakar B35,” ujarnya. 


(uda)