Teknologi Otomotif

Catat, Fitur Grand Filano Ini Tak Ada di Fazzio

Yamaha Grand Filano ternyata punya sangat banyak perbedaan dengan Fazzio, yuk intip apa saja perbedaannya! AG-Uda
Yamaha Grand Filano ternyata punya sangat banyak perbedaan dengan Fazzio, yuk intip apa saja perbedaannya! AG-Uda

Autogear.id - Yamaha baru saja meluncurkan Grand Filano Hybrid-Connected yang masuk dalam segmen classy merek asal Jepang itu di atas Fazzio. Meski menggunakan basis mesin yang sama, namun banyak juga hal yang tidak terdapat di Fazzio namun bisa Anda dapatkan di Grand Filano. Mengingat harganya yang terpaut jauh, sehingga banyak orang yang mempertanyakan hal ini.

Menurut Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Dyonisius Beti, bahwa banyak hal yang membuat Grand Filano ini memiliki keunggulan jauh dibandingkan dengan Fazzio. Jadi secara kelas saja sudah beda dan tidak bisa dibandingkan secara head-to-head, meski secara mesin dan rangka sama.

"Memang mesin dan rangkanya masih sama, namun karakternya dipastikan sangat berbeda dan disesuaikan dengan segmen yang dituju. Kemudian beberapa hal yang menjadi detail-detail teknis dan penampakan juga sangat berbeda. Termasuk fitur-fitur yang ditawarkan keduanya. Karena pasar otomotif Indonesia juga punya segmen tersendiri terutama untuk motor bergaya klasik seperti Grand Filano," ujar Dyonisius Beti.

Lalu apa saja perbedaan yang secara data dan kasat mata bisa terlihat? Tentu kalau secara kasat mata bisa dilihat dari dimensi dan bentuknya saja sudah berbeda. Lalu fitur-fitur yang terdapat di Grand Filano Hybrid-Connected juga lebih kaya. Misalnya seperti fitur Y-Connect yang menggunakan panel instrumen LCD dan TFT. Sementara di Fazzio hanya menggunakan layar LCD saja.

Baca Juga:
Kenalin Nih Jagoan Baru Yamaha, Grand Filano Hybrid-Connected

Kemudian perbedaan lainnya adalah karakter mesin yang terungkap dari data yang dihadirkan. Yaitu Grand Filano bertenaga 8,1 dk pada putaran mesin 6,500 rpm, sementara Fazzio bertenaga 8,3 dk pada putaran 6,500 rpm. Sementara untuk karakter torsi Grand Filano adalah 10,4 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm sedangkan Fazzio menghadirkan torsi 10,6 pada putaran 4.500 rpm.

Perbedaan teknis lainnya adalah input teknis ke spidometer. Lalu ada juga lampu penerang di bagasi Grand Filano dan fitur One Push Start. Lalu semua lampu-lampu yang menempel di Grand Filano sudah mengguakan LED. Gantungan barang atau hook juga berbeda, Grand Filano hanya ada 1 sementara Fazzio ada 2 dan juga ada kompartemen di bagian depan.
 


(uda)