Teknologi Otomotif

Fitur Tiggo 7 Pro Bakal Disesuaikan Kontur Jalan Indonesia?

Teknologi yang dibutuhkan khusus untuk pengguna kendaraan di Indonesia ada di Cherry Tiggo 7 Pro? Simak ulasannya fitur-fitur apa saja. Cherry
Teknologi yang dibutuhkan khusus untuk pengguna kendaraan di Indonesia ada di Cherry Tiggo 7 Pro? Simak ulasannya fitur-fitur apa saja. Cherry

Autogear.id – Bagi pengguna kendaraan bermotor, jalan raya jelas merupakan fasilitas umum yang sepertinya tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Jalan raya yang mulus, pastilah bakal menciptakan kenyamanan tersendiri dalam berkendara. Memudahkan perjalanan, sehingga cepat sampai tujuan.

Berdasarkan materialnya, umumnya jalan raya terbagi dua jenis, berbahan beton dan aspal. Biasanya jalan raya dari beton diperuntukkan sering dilewati kendaraan berat. Sementara yang berbahan aspal, dilintasi kendaraan lebih ringan, sering kita temukan di wilayah perkotaan.

Bervariasinya jenis jalanan di Indonesia, maka perlu pula mempertimbangkan jenis kendaraan yang sesuai untuk digunakan. Salah satu pertimbangan adalah jenis kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV).

Kendaraan SUV umumnya dikendarai di banyak medan, lantaran sistem suspensinya yang kokoh, aman dan nyaman. Chery Tiggo 7 Pro, yang rencananya meluncur di Indonesia pertengahan tahun ini, jadi salah satu SUV yang mengaku sangat fokus akan hal itu.

Baca Juga:
Tampang Klasik, Vespa Ini Ternyata Pakai Motor Listrik Lho!

“Faktor penentu konsumen membeli mobil di setiap negara pasti berbeda-beda. Selain lifestyle dan tren, karakter jalanan juga harus jadi perhatian. Dengan memahami kebutuhan, kita bisa petakan kendaraan apa yang fiturnya paling sesuai. Sehingga durabilitas performa dan kenyamanan bisa dinikmati optimal,” tukas President Director PT Chery Motor Indonesia, Tao Yong, dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Tiggo 7 Pro yang sebentar lagi rilis di Indonesia, kini sedang memasuki tahap finalisasi pematangan fitur. Demi memenuhi kebutuhan konsumen Tanah Air, yang berhadapan dengan karakter jalanan bervariasi.

Lanjut Tao Yong, sistem suspensi Tiggo 7 Pro akan dilengkapi berbagai inovasi teknologi, demi mengoptimalkan performa, memenuhi standar keamanan, sekaligus memberikan kenyamanan selama berkendara. Ada beberapa poin pada sistem suspensi Tiggo 7 Pro yang dikatakannya menjadi keunggulan, yaitu:

1. Fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring System)
Merupakan sensor untuk memonitoring tekanan dan suhu ban, sehingga bisa mencegah risiko kecelakaan. Ketika tekanan ban kurang dari 1,8 bar, mobil akan melaju dengan kecepatan >30kpj, lalu sistem mengeluarkan alarm tekanan rendah selama beberapa waktu ketika mobil terus melaju.

Baca Juga:
Rayakan Ultah Ke-13 Cosanostra MC Gelar Festival 'Susah Mati'

Ketika suhu ban lebih besar dari 85°C, dan kecepatan kendaraan melaju pada >30kpj, maka sistem akan mengeluarkan alarm yang mengingatkan kalau ban dalam keadaan suhu tinggi.

2. Suspensi McPherson
SUV Chery ini punya fitur kemudi bersuspensi MacPherson. Dirancang dengan keandalan tinggi, layaknya mobil-mobil premium. Dengan kemampuan yang presisi, suspensi ini punya daya serap guncangan dan anti-roll lebih baik. Kenyamanan kian terasa di jalan menikung.

3. Platform T1X
Diperkuat pula oleh platform T1X Platform, yang dikatakan rancangannya diadaptasi dari teknologi salah satu merek SUV terbaik. Desain ruang kepala lebih baik, dengan kursi depan-belakang dan ground clearance lebih tinggi, melengkapi kenyamanan penumpangnya.

4. Kenyamanan Suspensi Multilink
Tiggo 7 Pro juga akan melengkapi diri dengan suspensi multilink. Berfungsi mengurangi guncangan pada beban kendaraan, terutama saat melewati speed bump atau permukaan jalan bergelombang. Sesuai untuk berbagai kondisi jalanan di Indonesia.

Kendati lebih kompleks, tetapi menawarkan kenyamanan lebih, terutama sewaktu melibas jalanan yang jelek, karena gerakannya yang independen. Sejauh ini Tiggo 7 Pro dikatakan telah meramaikan bursa otomotif dunia. Baik di negara asalnya, China, maupun beberapa negara di Afrika, Amerika Selatan, dan Eropa Timur.


(uda)