Autogear.id - Mitsubishi meyakini dengan strategi yang dipersiapkan, mulai dari produk baru hingga peningkatan layanan purna jual, dapat merengkuh lebih banyak lagi konsumen.
Kendati sejumlah pihak masih melihat 2025 sebagai tahun penuh tantangan. Tetapi pabrikan mobil asal Jepang ini menatap optimistis tahun fiskal 2025, yaitu periode April 2025 - Maret 2026.
Sebagai gambaran, pada tahun fiskal 2024, pabrikan berlogo tiga berlian ini sukses menorehkan angka penjualan sebesar 71.451 unit. Nilai tersebut setara dengan 8,2 persen pangsa pasar otomotif nasional.
Kontribusi tinggi penjualan ditopang oleh Xpander, dengan total penjualan 18.853 unit. Sementara di posisi kedua ditempati SUV premium, Pajero Sport, dengan penjualan sebanyak 12.100 unit.
Kemudian ada Xpander Cross yang mencatatkan penjualan sebanyak 11.495 unit. Lalu ada Xforce sebanyak 7.108, dan diklaim menjadi model terlaris kedua di segmen Small SUV. Sehingga total penjualan kendaraan penumpang mencapai 49.559 persen.
Sementara itu, di segmen kendaraan niaga, Mitsubishi L300 masih sebagai andalan dengan permintaan pasar 12.123 unit. Ada pula Triton 4x4, menyumbang 9.568 unit. Terdapat pula pencapaian dari beberapa model lain, sebanyak 201 unit.
Kini memasuki tahun fiskal 2025, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita, melihat 10 persen dari pangsa pasar merupakan angka yang realistis.
Menurutnya, bila Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menargetkan penjualan kendaraan di kisaran angka 800 ribu unit, maka 80 ribu unit menjadi angka penjualan yang harus dicapai Mitsubishi.
"Jika melihat dari market share yang sudah diumumkan itu, jadi Mitsubishi 10 persen, atau kurang lebih 80 ribu unit," kata Kurita di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.
Sejumlah strategi pun sudah dipersiapkan jenama ini. Antara lain meluncurkan penyegaran produk seperti New Xpander dan Xpander Cross. Nantinya akan ada satu produk lagi yang bakal mengisi segmen kendaraan baru.
"Strategi yang kami lakukan, selain pembaruan produk, ada juga produk baru yang menyasar new segmen," ungkap General Head of Regional Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Budi Dermawan Daulay.
Lanjut Daulay, tidak hanya menghadirkan pembaruan dan produk anyar di segmen baru, mereka juga akan mengimplementasikan servis value yang baru, yaitu Passion to Care. Di mana dilakukan peningkatan kualitas pelayanan, melalui setiap interaksi dengan konsumen.
"Apa yang kami lakukan diharapkan dapat mencapai ikonik service level, yang akan meningkatkan pelayanan untuk konsumen. Memberikan kesan positif dengan merek Mitsubishi," tutupnya.
(uda)