Pengetahuan Otomotif

Tahukah Anda? Penggunaan Nitrogen di Ban Awalnya buat Ban Pesawat!

Asal usul penggunaan nitrogen di ban kendaraan, ternyata berawal dari penggunaan nitrogen di ban pesawat. Auto2000
Asal usul penggunaan nitrogen di ban kendaraan, ternyata berawal dari penggunaan nitrogen di ban pesawat. Auto2000

Autogear.id - Mayoritas tekanan angin dalam ban kendaraan modern saat ini sudah menggunakan nitrogen. Bukan lagi udara seperti oksigen yang suntikkan ke dalam penampang dalam ban mobil untuk fungsi ban berjalan. Tapi tak banyak orang yang peduli mengapa harus menggunakan nitrogen untuk mengisi ruang di dalam ban? Lalu dari mana pula asal mula penggunaan senyawa ini?

Penanggung Jawab Bengkel Fast, Tumenggung Prabowo blak-blakan soal asal mula penggunaan nitrogen di dalam ban dan alasannya, kepada Autogear.id. Mengingat banyak keuntungan yang ditawarkan dari penggunaan senyawa ini, tak heran jika senyawa ini direkomendasikan untuk digunakan di ban.

"Awalnya penggunaan nitrogen ini dilakukan untuk ban pesawat. Mengapa itu dilakukan? Ya tentu ini berhubungan dengan keuntungan penggunaan nitrogen itu sendiri. Di antaranya adalah suhu nitrogen relatif lebih stabil dalam semua kondisi temperatur. Nah, pesawat ketika menurunkan bannya, itu kan masih di udara dan cukup tinggi. Dalam kondisi ini jika menyentuh landasan, pesawat rentan kehilangan grip jika ban langsung menyentuh landasan," cerita Tumenggung.

Ia melanjutkan, bahwa di sinilah peran dari senyawa nitrogen, lantaran mampu membuat temperatur ban lebih stabil. Sehingga ketika ban menyentuh landasan dan terjadi gesekan besar, ban tetap berada di temperatur normal. Tentu membuat ban itu juga langsung punya grip.

Baca Juga:
Dua Kondisi Penanda Sokbreker Motor Harus Ganti

"Hal berikutnya adalah molekul yang dikandung oleh nitrogen itu kan besar, tidak seperti molekul oksigen yang kecil. Artinya, molekul ini akan sulit menembus pori-pori atau kebocoran sekalipun yang terjadi pada ban. Makanya ban yang menggunakan nitrogen di dalamnya, akan cenderung jarang kempes."

Alasan lain yang diungkapkan Tumenggung adalah karena nitrogen ternyata bisa memperpanjang usia pakai ban. Selain karena temperaturnya cenderung terjaga, nitrogen bersahabat dengan komponen karet jika penggunaannya cukup intensif. Artinya nitrogen ini turut menjaga bagaimana kompon ban itu bekerja dengan baik. 

Berikutnya adalah nitrogen ini juga tidak gampang terbakar, sehingga untuk digunakan di ajang balap, tentu tidak ada masalah. Mengingat kendaraan yang digunakan di sirkuit, biasanya punya temperatur mesin dan ban yang lebih tinggi karena gesekan dengan permukaan jalan juga sangat besar. 

Dengan diketahuinya keunggulan-keunggulan dari penggunaan nitrogen di ban kendaraan, tentu Anda tak akan kompromi lagi dengan menggunakan oksigen biasa bukan? Toh banyak keuntungan dan manfaat yang Anda dapatkan. 


(uda)