Mobil Baru

Mazda Rilis All New CX-9 AWD dan CX-3 Facelift Tanpa Seremoni

Mazda Indonesia perkenalkan All New Mazda CX-9 AWD dan Mazda CX-3 facelift. emi
Mazda Indonesia perkenalkan All New Mazda CX-9 AWD dan Mazda CX-3 facelift. emi

Autogear.id: Mazda Indonesia memperkenalkan The All-New Mazda CX-9 AWD yang diklaim sebagai SUV termewah di jajaran produk Mazda. All New Mazda CX-9 hadir dengan beberapa tambahan fitur kenyamanan dan fitur keselamatan yang makin lengkap. 

Peluncuran yang tadinya dijanjikan secara live di akun sosial media resmi milik Mazda Indonesia nyatanya tidak terlaksana. Pihak Mazda hanya memposting beberapa teaser terkait produk barunya pada Jumat (3/4/2020). 

All New Mazda CX-9 sendiri sudah diperkenalkan sejak tahun 2018 silam dan cukup mendapat sambutan positif dari konsumen. "Untuk itu kami persembahkan satu varian tambahan untuk melengkapi model yang sudah ada. Kami yakin kehadiran All-New Mazda CX-9 dengan system penggerak empat-roda All-Wheel Drive akan memberikan tambahan pilihan bagi pencinta SUV Premium tersebut," ujar Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (PT. EMI), Ricky Thio dalam pers rilis yang diterima redaksi.  

Model ini masih mempertahankan mesin bensin 2.500cc dengan tambahan tenaga turbo dan tentunya teknologi mesin SKYACTIV-G 2.5T. Sistem penggerak empat roda bertujuan memberikan tambahan traksi maksimum pada saat akselerasi, sekaligus memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi pada saat kondisi jalan licin, ataupun medan off road. 

All New Mazda CX-9 merupakan penantang model-model SUV premium Eropa seperti salah satunya Peugeot 5008 yang dibanderol Rp800 jutaan. Tapi tidak sedikit pula yang membandingkan Mazda CX-9 dengan SUV Jepang populer macam Pajero Sport atau Toyota Fortuner karena sama-sama menampung 7 penumpang. 

Jika melihat dari sisi harga, All-New Mazda CX-9 AWD justru yang tertinggi mendekati Rp1 Miliar tepatnya di angka Rp 954,9 juta. Sedangkan untuk New Mazda CX-9 non-AWD (Front Wheel Drive) dijual dengan harga Rp849,9 juta. Dengan harga yang tertinggi di kelasnya, konsumen Mazda harus siap dengan konsekuensi harga spare part yang juga mahal serta jumlah bengkel resmi yang terbatas. 

Crossover SUV, Mazda CX-3 Facelift

Selain All new Mazda CX-9 AWD, PT Eurokars Motor Indonesia juga memperkenalkan New Mazda CX-3 facelift menawarkan beberapa penyegaran dan tambahan trim untuk menunjang tampilan. New Mazda CX-3 yang dahulu dikenal memiliki dua trim model yaitu GT dan Touring, kali ini ada tambahan trim baru yaitu Pro dan Sport. 

“Penambahan trim baru ini memberikan lebih banyak pilihan bagi penggemar Crossover SUV. Jadi saat ini Mazda CX-3 akan memiliki 4 pilihan Trim, type GT dan Touring, Pro dan Sport,” terang Ricky Thio. 

Model ini bersaing dengan jenis-jenis crossover SUV lainnya seperti Hyundai Kona, Honda HR-V, serta Toyota C-HR. Mazda CX-3 Sport jadi pilihan terendah dengan harga Rp399,9 juta sedangkan tipe tertinggi ada di Mazda CX-3 GT seharga Rp464,4 juta. Sekadar perbandingan, Honda H-RV dibanderol dengan harga Rp297 juta untuk tipe teredah dan Rp415,7 Juta untuk tipe teringgi. 

Mazda CX-3 Feacelift mengusung mesin SKYACTIV-G berkapasitas 2,0 liter dengan tenaga puncak 149 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 195 Nm pada 2.800 rpm. Jantung pacu ini dikombinasikan dengan transmisi SKYACTIV-DRIVE otomatis 6-speed yang juga mendukung kenyamanan berkendara. Untuk soal konsumsi bahan bakar CX-3 mencatatkan rata konsumsi 13 km/liter sedangkan kompetitor Honda HR-V dengan mesin 1.5 turbo memiliki konsumsi rata-rata 15 km/liter. 


(uda)