Hyundai Starex Mover, Mobil Ambulans dari Padang yang Jadi Penyelamat di Palestina

Foto: Facebook Diskominfo Kota Padang
Foto: Facebook Diskominfo Kota Padang

Autogear.id - Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina akibat serangan Israel menyebabkan luka mendalam. Bukan hanya bagi rakyat Palestina, melainkan seluruh umat manusia di belahan bumi manapun.

Namun di tengah-tengah konflik Palestina-Israel, ada sesuatu yang menarik dan membuat terenyuh, bahkan sempat viral di media sosial. Dalam sebuah siaran televisi, terlihat mobil ambulans berlogo Pemerintah Kota (Pemkot) Padang dan Aksi Cepat Tanggap (ACT), bak Dewi Penyelamat.

Mobil tersebut Hilir mudik nyaris tanpa henti, membantu evakuasi korban serangan brutal Israel di Palestina. Ambulans Dermawan, demikian nama mobil yang dipakai untuk membantu evakuasi korban di Palestina tersebut.

embed

(Foto: FB Diskominfo Kota Padang)

Ambulans tersebut merupakan mobil Hyundai Starex Mover, kendaraan multiguna jenis Multi Purpose Vehicle (MPV). Yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa, menjadi unit ambulans.

Dikutip dari laman resmi ACT, ambulans Hyundai Starex Mover untuk evakuasi korban di Palestina tersebut dibeli pada tahun 2020. Merupakan sumbangan warga Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

Aan Saputra, Kepala Cabang ACT Kota Padang menjelaskan, donasi untuk ambulans digalang sejak Januari hingga Mei 2020. "Ambulans dari para dermawan dan Pemkot Padang, dibeli dan dimodifikasi langsung di Palestina," ujar Aan seperti dikutip salah satu media online di Jakarta.

Dikatakannya, ambulans ini beroperasi memberikan layanan medis hampir di seluruh wilayah Gaza Utara. Menjangkau daerah-daerah terdampak serangan Israel. Seperti di Beit Hanoun, Jabalia, dan Beit Lahia.

Mobil Hyundai ini bergerak cepat, memberi layanan kesehatan dan mengantarkan korban menuju rumah sakit di seputaran Gaza. Bahkan tak hanya mengevakuasi korban serangan.

embed

(Foto: FB Diskominfo Kota Padang) 

Pada Senin (17/5/2021), ambulans ini juga diberdayakan mengantar anak-anak dan perempuan, yang berjalan kaki menuju sekolah dasar Al Naseer, Gaza Utara. Mereka diantarkan agar bisa lebih cepat sampai di sekolah. 

Sejauh ini, ambulans Hyundai Starex Mover tersebut dibekali peralatan medis seperti tabung oksigen, monitor (vital signs), pulse oximeter, hingga alat pengukur tekanan darah.

Perlu diketahui pula, sejumlah ambulans yang beraksi di Indonesia juga menggunakan Hyundai Starex Mover. Mobil ini bermesin tipe A2 - 2.5 CRDI WGT kapasitas 2.497cc. Memiliki tenaga maksimal 136 PS, dengan torsi maksimal 334 Nm.


(acf)