Safety Car MotoGP

Gantengnya BMW M2 CS Racing untuk Safety Car MotoGP 2022

BMW M2 CS Racing adalah mobil dengan DNA balap yang bakal mengawal jalannya balap MotoGP sepanjang 2022. MotoGP
BMW M2 CS Racing adalah mobil dengan DNA balap yang bakal mengawal jalannya balap MotoGP sepanjang 2022. MotoGP

Autogear.id - Ajang balap MotoGP setiap tahun selalu saja menyuguhkan kompetisi yang menegangkan disamping motor-motor yang keren. Bukan hanya itu, para pecinta mobil performa tinggi dari BMW juga selalu menunggu kejutan setiap awal musim. Mengingat BMW selalu memberikan kejutan mobil yang akan mereka pasok sebagai lead car atau safety car di ajang balap bergengsi itu.

Tahun ini, merek asal Bavarian Jerman itu akan memasok BMW M2 CS Racing yang dikatakan punya performa tinggi dan memang spesifikasinya untuk digunakan di ajang balap. Bahkan dari pernyataan resmi BMW M GmbH, bahwa ini adalah M2 CS Racing pertama yang mereka gunakan tahun ini.

Lahir Sebagai Mobil Balap
Mobil ini diciptakan memang sebagai mobil balap. Bahkan dikatakan mobil ini sudah meraup kesuksesan di ajang balap aspal di seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, mobil ini sanggup memuntahkan tenaga sebesar 450 daya kuda tergantung dari versinya. Meski sudah punya performa mobil balap seutuhnya, mobil ini tetap dibekali dengan ragam fitur mumpuni.

Di antaranya adalah sistem pengereman ABS dan kontrol sistem stabilitas DSC. Beberapa ubahan juga sudah disematkan untuk kebutuhan menjalankan tugas sebagai kendaraan pengamanan saat balapan berlangsung. Misalnya seperti light bars dan lampu depan bahkan kelirnya juga dibuat berbeda mengacu terhadap perayaan 50 tahun BMW M GmbH. 

Baca Juga:
Gara-Gara Covid-19, Gaji Pembalap MotoGP Turun 20 Persen?

"M adalah motorsport yang memang kami garis bawahi sebagai DNA mobil ini. Kami mengkombinasikan performa tinggi di mobil ini dengan mobil produksi massal dalam bendera M. Inilah alasan terbesar mengapa kami memilih varian mobil balap sebagai safety car untuk balap MotoGP," klaim CEO BMW M GmbH, Franciscus van Meel melalui pernyataan resminya.

Franciscus van Meel pun berharap dan tak sabar untuk melihat mobil ini beraksi saat berada di lintasan pada seri pembuka nanti di Qatar pada 8 Maret 2022. Ia bahkan sangat yakin bahwa varian yang mereka pasok untuk balap MotoGP ini akan sangat cocok dengan kebutuhan mengawal balap motor bergengsi dunia itu.

Hal ini lantas disambut dengan baik oleh CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta. Supremo balap MotoGP asal Spanyol itu menegaskan bahwa BMW M sudah menjadi partner mereka sejak lama yaitu dari tahun 1999. Dan BMW selalu membuktikan bahwa mereka selalu punya passion yang kuat di ajang balap dunia. 

Selain M2 CS Racing, beberapa seri lain juga akan dipasok di setiap sesi balap. Di antaranya adalah M3 Competition, M4 Competition, M5 CS, M8 Competition Gran Coupé, X5 M Competition sebagai Medical Car dan terakhir ada M 1000 RR yang motornya juga baru diluncurkan di Indonesia pada Rabu (16/2/2022) yaitu M 1000 RR. Sementara untuk mobil listrik yang akan mengawal ajang balap MotoE, dialokasikan i4 M50.


(uda)