Serba-Serbi Formula 1

F1 2020 Berantakan, Akankah Gaji Pembalap F1 Dipotong?

Line up pembalap F1 musim 2020. racefans
Line up pembalap F1 musim 2020. racefans

Autogear.id: Di musim Formula 2020, nyaris tak ada perubahan formasi pembalap. Hanya saja, dua bintang muda F1 yakni Charles Leclerc (Ferrari) dan Max Verstappen (Red Bull) telah menandatangani kontrak baru dengan timnya masing-masing. 

Bahkan dilansir dari racefans, income Verstappen naik drastis mendekati gaji Sebastian Vettel hingga Sebastian Vettel. 

Jika mengacu pada gaji musim lalu, Lewis Hamilton tahun mendapat bayaran sebesar 48 juta euro atau Rp730 miliar. Gaji terbesar kedua ditempati oleh Sebastian Vettel yang menerima Rp637 miliar. 

Dengan kontrak baru Verstappen, diprediksi pembalap berpaspor Belanda tersebut menjadi pembalap F1 urutan ketiga dengan gaji tertinggi. 

Namun sayangnya, nominal gaji pembalap F1 tahun ini tidak dipublikasi. Rincian gaji pembalap F1 terdapat dalam arsip (rahasia) Dewan Pengakuan Kontrak FIA di Jenewa, Swiss. Dokumen ini hanya bisa diakses oleh enam pengacara yang ditunjuk untuk menjembatani perselisihan kontrak yang mungkin timbul. 

Permasalahannya, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, kemungkinan akan terjadi perselisihan kontrak, seperti wacana pemotongan gaji pembalap F1. Mengingat semua balapan di pertengahan musim pertama sudah diputuskan batal sehingga ada kemungkinan pemotongan gaji pembalap. Karena bagaimanapun juga semua tim F1 merugi akibat pembatalan tersebut.


(uda)