Duh, Gawat! MotoGP Mandalika Terancam Batal Gara-gara Ini!

Pembalap WSBK bertarung di Sirkuit Mandalika, Lombok (Foto: Instagram WSBK Mandalika)
Pembalap WSBK bertarung di Sirkuit Mandalika, Lombok (Foto: Instagram WSBK Mandalika)

Autogear.id - Beredar kabar, Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP menegaskan, pihaknya berpotensi batalkan sebuah gelaran MotoGP pada suatu negara, bila negara tersebut melakukan hal ini. Apakah itu?

Carmelo Ezpeleta, Chief Executive Officer (CEO) Dorna Sports mengatakan, mereka bisa putuskan batal secara sepihak. Jika negara selaku tuan rumah MotoGP memberlakukan kebijakan wajib karantina 14 hari.

“Jika kami terpaksa dikarantina selama 14 hari, jawaban kami akan jelas. Kami tidak akan pergi ke sana. Itulah batasannya,” tegas Ezpeleta, seperti dilansir dari Italy24News, Minggu (16/1/2022) waktu setempat.

Tentunya apa yang dilakukan Dorna bukan tanpa alasan. Dikatakan Ezpeleta, langkah ini diambil untuk menjaga kelancaran MotoGP 2022. Sehingga tak ada pengunduran jadwal.

Selain itu agenda balapan MotoGP tetap akan sesuai dengan kalender, yang sudah disebarluaskan sejak tahun lalu.

Apa yang disampaikan Ezpeleta tadi jelas bikin sejumlah negara ketar-ketir. Mengingat beberapa negara telah mengeluarkan kebijakan karantina, bagi pelaku perjalanan luar negeri terkait virus Covid-19 varian Omicron.

Lalu bagaimana dengan MotoGP di Indonesia yang akan dihelat di Internasional Sirkuit Mandalika, Lombok? Keputusan Dorna itu pun bisa mengancam Indonesia, sebagai tuan rumah salah satu seri MotoGP 2022.

Pasalnya, hingga kini pemerintah Indonesia masih menerapkan aturan karantina selama tujuh hari bagi pelaku perjalanan luar negeri.

Bila sampai Dorna batalkan MotoGP Mandalika, dipastikan MotoGP mania serta seluruh insan otomotif, khususnya roda dua di Indonesia akan sangat kecewa.

Kendati bila mengacu dari jumlah hari, karantina yang diberlakukan di Indonesia relatif aman. Mengingat MotoGP takkan mengunjungi negara yang mengharuskan karantina 14 hari. Apalagi sejauh ini, MotoGP Indonesia masih masuk dalam kalender musim 2022.

Lebih lanjut Ezpeleta berbagi solusi, untuk mengatasi masalah pandemi. Salah satunya mewajibkan sistem bubble dan vaksinasi kepada seluruh kru, pembalap dan semua yang terlibat.

“Mereka (pemerintah tuan rumah) bisa saja meminta, untuk membawa sertifikasi vaksinasi atau dokumentasi yang sudah kami lakukan tahun lalu. Kami pun akan melanjutkan sistem bubble, PCR atau menyediakan sertifikasi vaksin”, tambah Ezpeleta.

Adapun jadwal MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika bakal berlangsung pada 18-20 Maret 2022 mendatang. MotoGP Indonesia 2022 masuk dalam ronde 2, setelah MotoGP Qatar 2022.


(acf)