Tips Membeli Mobil

Tahun Baru Mau Beli Mobil Baru? Eits, Baca Ini Dulu!

Membeli mobil dengan cara tunai atau kredit, wajib memperhatikan beberapa hal. Simak apa saja itu! Auto2000
Membeli mobil dengan cara tunai atau kredit, wajib memperhatikan beberapa hal. Simak apa saja itu! Auto2000

Autogear.id – Kita baru saja memasuki tahun 2022 yang salah satunya dibekali dengan ragam resousi menarik. Salah satunya adalah memiliki mobil baru, baik itu melakukan pembelian dengan cara kredit (mengangsur), maupun dengan cara membeli secara tunai. Nah, di Indonesia, membeli secara kredit bisa dibilang mayoritas. Lalu apa yang harus Anda lakukan di zaman kemudahan bertransaksi secara digital ini?

Kepala Cabang Auto2000 Kapuk, Jakarta Utara, Evi Soviasari, membeberkan cara membeli kendaraan secara tunai atau kredit. Anda dapat memilih pembayaran secara tunai atau kredit ketika membeli mobil baru. Khusus untuk pembelian mobil baru agar tidak salah berikut tips yang dapat dipertimbangkan. Berikut tipsnya:

1. Belilah Mobil Berdasarkan Kebutuhan

Banyak pelanggan yang membeli mobil baru tanpa melihat kebutuhannya terlebih dahulu alias hanya memikirkan gengsi semata. Padahal, pembelian dilakukan secara kredit yang angsurannya harus dibayarkan dalam jangka waktu cukup lama. Makanya, pastikan mobil yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhan dan disepakati oleh seluruh anggota keluarga. 

Baca Juga:
Dua Tahun Dilanda Pandemi, Begini Cara MG Bertahan

2. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan 

Pastikan sebelum melakukan kredit mobil, kalian sudah menyiapkan uang muka atau down payment (DP) dengan kisaran antara 20% – 30% dari harga mobil. Pastikan pula cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya sudah sesuai dengan kemampuan. 

Pertimbangkan juga cicilan kredit lain yang sudah Anda ambil seperti KPR, sepeda motor, atau kartu kredit. Pastikan setelah digabung dengan cicilan mobil baru tidak melebihi 30% dari penghasilan perbulan supaya keuangan tetap sehat dan bebas stres. 

3. Lakukan Simulasi Kredit 

Simulasi kredit diperlukan agar Anda memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan dalam membayar uang muka dan cicilan kredit mobil kelak. Mayoritas situs brand otomotif sekarang menyediakan fitur simulasi pembelian kendaraan. Seperti yang terdapat di Auto2000 Digiroom yang menyediakan fitur simulasi kredit di setiap pilihan mobil. Anda bisa memperkirakan besaran DP dan angsuran yang akan dibayarkan. 

4. Manfaatkan Promo yang Ditawarkan 

Keberadaan promo seperti yang ditawarkan juga bisa dimanfaatkan. Biasanya ini memberikan kemudahan pembelian mobil baru. Paket yang diberikan biasanya berisi pilihan antara potongan DP, cicilan mudah, atau bunga ringan hingga nol persen. 

“Kami selalu memberikan kemudahan pembelian mobil baru, salah satunya melalui transaksi kredit yang ringan. Metodenya bisa disesuikan dengan kebutuhan dan rencana keuangan konsumen. Apalagi ditambah berbagai program promo pembelian yang bisa dipilih,” kata Chief Executive Auto2000, Martogi Siahaan pada Jumat (31/12/2021).


(uda)